Majalah Esquire Pamerkan Sampul Elektronik

14 September 2008 § Leave a comment

NEW YORK, SENIN – Editor majalah Esquire masih yakin inovasi di media cetak belum berakhir meski Internet semakin menggerus. Salah satunya dengan membuat sampul yang interaktif dengan tinta elektronik.

“Selama beberapa tahun terakhir, saya telah mencari cara untuk menunjukkan bahwa media cetak masih menjadi produk utama,” ujar David Granger, pemimpin redaksi Esquire. Maka, sekaligus memperingati ulang tahunnya ke-75, majalah Esquire memamerkan majalah pertamanya dengan sampul elektronika Senin (8/9).

Dengan tinta khusus, sampul edisi Oktober 2008 itu memiliki layar tipis seluas 62,5 centimeter persegi yang menampilkan gambar bergerak. Pada layar di bagian luar sampul tersebut muncul tulisan “The 21st Century Begins Now” dengan beberapa variasi gambar bergerak yang menyala.

Di sampul bagian dalam juga terdapat layar kedua dengan luas yang sama menggambarkan gerakan mobil di malam hari. Layar tersebut khusus untuk memperkuat penggambaran iklan dua halaman mobil terbaru Ford, Flex Crossover.

Layar tipis fleksibel itu dibuat dengan tinta buatan E-ink Corp, perusahaan teknologi di Cambridge, Massachusetts, AS. Teknologi yang sama dipakai pada kertas elektronika yang dipakai pembaca e-book Kindle buatan Amazon.

Lapisan tinta tersebut dalam keadaan padat membentuk rangkaian kapsul berukuran mikrometer yang dapat dikendalikan dengan pengaturan tegangan listrik. Untuk menyalakannya digunakan baterai kecil.

Esquire telah menajajaki kerja sama dengan E-ink sejak tujuh tahun lalu, namun saat itu teknologi tersebut belum dapat digunakan pada majalah. Keinginan tersebut baru terwujud pada pertengahan 2007 setelah Hearst Corp yang merupakan perusahaan induk Esquire kembali mengontak E-ink.

Masalah terbesar yang harus dihadapi adalah penempatan baterai. Untuk kedua layar tersebut dibutuhkan enam buah baterai dan dua mikrochip. E-nk menjamin baterai tahan antara 3-6 bulan.

Untuk edisi khusus ini, Esquire mencetak 100.000 eksemplar dan dijual masing-masing sharga 5,99 dollar As atau 2 dollar lebih mahal daripada edisi biasa. Versi tanpa sampul elektronika juga tetap disediakan seharga 4,99 dollar AS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Majalah Esquire Pamerkan Sampul Elektronik at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: