SBY Janjikan Anggaran Pendidikan 20% APBN 2009

17 September 2008 § 1 Comment

Oleh :

Wahyu Redaksi Araska

Jakarta – Kabar baik buat para guru yang meminta anggaran lebih untuk pendidikan. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah meminta Menkeu Sri Mulyani untuk mengalokasikan 20 persen APBN untuk pendidikan.

Hal tersebut disampaikan Plt Menko Perekonomian yang Juga Menkeu Sri Mulyani di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/8/2008).

“Buat 2009 Presiden telah instruksikan supaya kita berusaha (memenuhi 20%) walaupun dengan suasana anggaran yang sangat ketat. Kita akan coba penuhi 20% ini, karena itu kita akan hitung dalam RAPBN 2009 yang akan dibahas dengan DPR,” ujarnya.

Mahmakah Konstitusi dalam keputusannya menetapkan UU APBN 2008 melanggar konstitusi karena masih sedikitnya dana pendidikan.

Namun meski melanggar UUD, APBN 2008 masih bisa dijalankan untuk menghindari adanya kekacauan dalam anggaran. Namun pemerintah diminta untuk mengalokasikan 20% APBN untuk pendidikan paling lambat 2009.

Menkeu menjelaskan, APBN 2008 tidak mungkin lagi menambah dana untuk pendidikan karena besarnya anggaran subsidi minyak. Alokasi anggaran lain terpaksa dialihkan untuk menutupi subsidi minyak.

“Hanya memang waktu di MK itu kan kita sudah sampaikan kalau APBN-nya menggelembung besar karena subsidi tutup harga minyak yang melonjak. Ya anggaran pendidikan berarti kan harus ikuti harga minyak. Itu yang secara anggaran kita nggak mungkin penuhi tahun ini,” ujarnya.

Sumber : Detik.com

§ One Response to SBY Janjikan Anggaran Pendidikan 20% APBN 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading SBY Janjikan Anggaran Pendidikan 20% APBN 2009 at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: