Umat Islam Perlu Bangun Strategi Kebudayaan

23 September 2008 § 3 Comments

Jakarta, Kompas – Umat Islam perlu mengembangkan strategi kebudayaan untuk meningkatkan peran kebangsaan umat Islam. Namun, strategi kebudayaan tidak mudah dilakukan, apalagi setiap kelompok Muslim masih mempunyai agenda yang berbeda.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin dalam dialog seusai tarawih tentang peran kebangsaan umat Islam dalam berbangsa di Indonesia di kediaman Din Syamsuddin di Jakarta, Minggu (21/9) malam.

Dialog ini, antara lain, dihadiri Ketua Umum Syarikat Islam Amrullah, Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Amidhan, Ketua Umum Persatuan Pondok Pesantren KH Kholil Ridwan, Ketua Umum Wanita Islam Sri Harti, Sekjen Baitul Muslimin Indonesia Zainun Ahmadi, dan Ali Karim dari Persatuan Islam Tionghoa Indonesia.

”Politik umat Islam dalam konteks sistem multipartai seharusnya hidup dalam lingkup strategi kebudayaan agar umat punya peran kebangsaan yang kuat,” ujar Din.

Secara historis, menurut Din, umat Islam telah menampilkan peran yang sangat besar dalam membangun gerakan kebangsaan. Sayangnya, dalam sejarah kebangkitan kebangsaan yang lebih sering ditonjolkan hanya Boedi Oetomo, padahal ada Syarikat Islam, Jamiatul Khoir, dan Muhammadiyah yang ikut membangun kebangsaan Indonesia.

”Itu sebabnya, adanya dikotomi Islam nasionalis, saya sangat terganggu karena Islam dalam sejarahnya telah membangun gerakan kebangsaan,” ujarnya.

Namun, menurut Din, peran umat Islam tidak sebesar peran jumlahnya yang persentasenya mencapai 88,2 persen. Kontribusi umat Islam terhadap perekonomian nasional hanya kurang dari 20 persen.

Menurut Zainun, peran kebangsaan umat Islam tidak seharusnya dikotak-kotakkan dalam partai politik dan penuh kecurigaan. Pasalnya, umat Islam yang satu tidak akan mempunyai kekuatan jika terus saling curiga dengan yang lain.

”Itu sebabnya umat Islam yang beragam kelompoknya ini memang perlu membangun strategi kebudayaan,” ujarnya.

Amrullah mengatakan, gagasan membangun umat melalui strategi kebudayaan layak untuk diperjuangkan. Itu sebabnya strategi kebudayaan ini jangan berhenti sampai simbolik, tetapi harus menjadi gerakan.

”Strategi dakwah mengembangkan Islam pada kaum abangan jangan sampai berhenti sebagai politik pencitraan saja, tetapi harus menjadi kendaraan perubahan,” ujarnya. (MAM)

§ 3 Responses to Umat Islam Perlu Bangun Strategi Kebudayaan

  • sujadi says:

    bagus, selaras dengan nuansa Ramadhan

  • sujadi says:

    komentar dari bapak ibu guru yang lain kok belum ada ya?
    mungkinkah mereka belum tau kalau kita punya araska di internet. atau mungkin belum tau alamat web kita kali ya?

  • Mr. Jakfar says:

    Untuk menuju Islam jaya dan besar memang selalu ada saja rintangan karena hal ini sudah tertulis dalam Alqur’an bahwa kaum kafirin tidak akan puas jika belum melihat Islamitu hancur dan sangat khawatir kalau negara-negara Islam bersatu. Kita sebagai ummat muslim mari kita tunjukkan kepada mereka, kepada saudara-saudara kita, teman dan musuh kita bahwa Islam itu adalah rahmatan lil alamin bukanlah suatu hal yang menakutkan, jadi tolong jika ada kebijakan-kebijakan pemerintah yang bersumber dari Islam tolong didukung karena Islam tidak akan pernah menjerumuskan manusia. Contohnya Pemerintah mau membuat undang-undang pornografi, yang menentang hal itu bukan dari non muslim saja tetapi banyak juga yang muslim (muslim yang belum mengerti). Ingat-ingat Islam menjunjung tinggi harkat derajat manusia baik itu perempuan maupun laki-laki. DULU ISLAM MENGHANCURKAN BUDAYA JAHILIYAH MENGAPA SEKARANG INI KITA MENENTANG KEBIJAKAN PEMERINTAH MASALAH UU PURNOGRAFI DENGAN ALASAN BUDAYA, MAAF BUDAYA YANG KURANG BAIK MBOK YA DIREVISI ATAU MALAH DIHILANGKAN DENGAN CARA-CARA HALUS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Umat Islam Perlu Bangun Strategi Kebudayaan at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: