Robot Tuna Segera Jelajahi Samudera

25 September 2008 § Leave a comment

Boston – Berbagai robot dibentuk dengan inspirasi bentuk fisik binatang, antara lain robot capung atau laba-laba. Kali ini, sebuah robot laut dibuat berdasarkan ikan tuna dan dinamai dengan RoboTuna.

Dilansir InformationWeek dan dikutip detikINET, Jumat (29/8/2008), robot tersebut dikembangkan oleh ilmuwan di Franklin W. Olin College of Engineering dan Boston Engineering Corp. Diharapkan, prototipe RoboTuna hadir pada akhir tahun 2008 ini.

Proyek tersebut didanai oleh Office of Naval Research, Amerika Serikat. Bentuk robot dikreasi berdasarkan spesies tuna bluefin yang bisa berenang amat cepat.

Bahkan menurut para ahli dari lembaga Fisheries Service, tuna bluefin adalah yang tercepat dari semua jenis ikan. Wujud fisiknya pun ideal untuk ditiru sebagai prototipe robot.

Tentu bukan tanpa alasan RoboTuna ini diciptakan. Angkatan laut militer Amerika bakal memanfaatkannya untuk kepentingen penyelidikan laut di masa depan.

Berbekal baterai yang tahan lama untuk tinggal di lautan dalam jangka panjang, si robot tuna ini juga bakal dibekali kamera dan sensor internal. Gunanya tentu saja untuk mencari informasi yang dibutuhkan dari kedalaman samudera.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Robot Tuna Segera Jelajahi Samudera at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: