Wow, Robot Bisa Kendarai Sepeda Roda Satu!

25 September 2008 § Leave a comment

Tokyo – Semakin banyak saja jenis robot yang dikreasi para ilmuwan. Kemampuannya pun semakin beragam, bahkan sebuah robot ciptaan baru kini bisa mengendarai sepeda roda satu seperti layaknya manusia dalam pertunjukan sirkus.

‘Murata Girl’, demikianlah nama robot asal Jepang ini. Bentuk fisik robot ciptaan perusahaan Murata Manufacturing tersebut seperti anak kecil. Ia mempunyai semacam sensor untuk menjaga keseimbangan tubuhnya sehingga mampu mengendalikan sepeda roda satu ke arah depan dan belakang.

Murata Girl adalah ‘saudara’ Murata Boy, robot ciptaan Murata Manufacturing di tahun 2005. Namun Murata Boy sepertinya kalah canggih ketimbang Murata Girl karena ‘hanya’ mampu mengendalikan sepeda roda dua.

Seperti dikutip detikINET dari DailyMail, Kamis (25/9/2008), sebuah mata elektronik yang terbuat dari sensor ultrasonik bakal memberitahu si robot agar tidak menabrak sesuatu saat sedang asyik bersepeda. Sementar otak robotiknya membantu untuk mengubah arah sepeda.

Murata Girl dikatakan mampu tetap seimbang meski dalam posisi tidak bergerak. Robot seberat 5 kilogram ini juga bisa dikendalikan oleh manusia dengan teknologi Bluetooth.

Murata Girl rencananya bakal dipakai di sekolah-sekolah Jepang untuk kepentingan pendidikan dan juga sebagai bintang iklan di televisi. Anak-anak kecil juga diharapkan menyukainya sebagai teman bermain yang menyenangkan.

Ingin tahu info seru seputar gadget favorit? Gabung segera di detikINET Forum!
( fyk / dwn )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Wow, Robot Bisa Kendarai Sepeda Roda Satu! at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: