Lepaskan Burung di Hari Cinta Puspa Satwa Nasional

3 November 2008 § 2 Comments

[ Selasa, 04 November 2008 ]

SURABAYA – Cinta terhadap lingkungan hidup dapat ditanamkan kepada anak sejak dini. Hal itu pula yang dilakukan SDK Santa Theresia I, Surabaya, kepada anak didiknya. Kemarin (3/11) dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa Satwa Nasional 2008, sekolah yang beralamat di Jalan Residen Sudirman itu melakukan serangkaian kegiatan lingkungan hidup.

Dalam kegiatan tersebut, 1.000 siswa SDK Santa Theresia ikut serta. Mereka sangat antusias mengikuti setiap acara yang telah disiapkan panitia. Kegembiraan makin terasa saat sesi pelepasan 3.000 burung ke udara. “Burung-burung itu dibawa oleh para siswa dari rumah,” kata Michael Daranto, kepala SDK Santa Theresia.

Sejak pagi, para siswa tidak sabar menanti acara pelepasan burung itu. Terutama siswa kelas satu dan dua. Bocah-bocah mungil tersebut siap siaga dengan sangkar di tangan. “Aku bawa burung tiga,” ucap Kevin Agnanta bersemangat.

Siswa kelas 2 B itu sejak tiba di sekolah sudah ingin membebaskan burung dari sangkarnya. Namun, kemarin Agnanta tidak begitu sukses melepas ketiga burung kecilnya tersebut. Dia sedikit kesulitan saat mengeluarkan salah satu di antara tiga ekor burung dari dalam sangkar. “Tadi yang dua sudah lepas. Tinggal satu ini,” ucapnya sambil terus berusaha membuat burung itu terbang.

Usaha Agnanta akhirnya membuahkan hasil. Burung terakhir miliknya mau terbang. Rona bahagia pun terpancar dari wajah bocah berkulit putih itu. “Burung yang aku bawa namanya burung peking,” ujar Agnanta polos. Dia mengaku membeli paket tersebut seharga Rp 5 ribu. Terdiri atas tiga ekor burung dan sebuah sangkar kawat mini berbentuk bundar.

Setelah pelepasan burung, kegiatan dilanjutkan dengan road show satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS). Sejumlah satwa yang diawetkan dihadirkan KBS ke sekolah. Di antaranya, bayi siamang dan burung kakatua. Saat itu, para siswa dapat berinteraksi langsung mengamati binatang sambil berdialog dengan petugas KBS.

Untuk memeriahkan acara, sekolah juga memamerkan poster puspa dan satwa terbaik hasil lomba di sekolah. Beraneka ragam gambar flora dan fauna dalam ukuran besar terpampang jelas di papan yang dijajar di depan ruang kelas. Tidak lupa, para siswa membagikan tanaman sansivera hasil pembibitan. Mereka pun melakukan pemecahan rekor ular tangga terbesar ukuran 12 x 12 meter dengan tema lingkungan hidup. (may/nw)

sumber : jawapos.com

§ 2 Responses to Lepaskan Burung di Hari Cinta Puspa Satwa Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Lepaskan Burung di Hari Cinta Puspa Satwa Nasional at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: