Dari Film “Bola Itu Bundar” ke Persiba

15 November 2008 § 1 Comment

BOLA Itu Bundar (The Ball is Round). Itulah judul film dibintangi Muhammad Rifky, pemain sepakbola yang belum lama ini dikontrak Persiba Balikpapan. Film tersebut menghadirkan aktor Hollywood serta mantan bintang sepakbola Perancis dan Chelsea, Frank Leboeuf. Juga didukung Nova Eliza, Butet Kertaradjasa, Tio Pakusadewo, Jajang C Noor, Happy Salma dan pemain sepakbola nasional, Kurnia Sandy dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Bagaimana ceritanya kenapa Rifky terpilih menjadi pemain film? Berikut petikan wawancara ekslusif Tribun Kaltim dengan Rifki di markas Persiba.

Apa yang melatarbelakangi lahirnya film ini?
Sebenarnya ide itu lahir dari Mirwan Suarso (sutradara), karena di Indonesia belum ada film tentang bola. Berangkat dari itulah maka sutradara menggarap film yang berkaitan dengan  bola.

Kenapa Anda dipilih sebagai salah satu aktor?
Awalnya saya melakukan kerja sama dengan Djarum Soccer Game Futsal, dan saya menjadi bintang tamunya. Pertadingannya diadakan di Yogyakarta, Semarang, Bogor, dan Jakarta. Setelah melihat permainan saya, mereka akhirnya tertarik dan mengajak saya untuk bermain di film itu. Selanjutya setelah negosiasi kontrak, akhirnya saya masuk menjadi pemain film Bola Itu Bundar.

Apa isi cerita dari  film Bola Itu Bundar?
Film Bola Itu Bundar mengangkat kiprah seorang manajer sepakbola wanita yang berusaha untuk mengelola sebuah klub sepak bola di negara Bolanesia. Sepeninggal ayahnya, maka klub tersebut menjadi incaran dari oknum pejabat pemerintah untuk dipergunakan sebagai alat kampanye politik. Keinginan sang putri ternyata mendapat banyak tantangan, termasuk dari media, fans, dan bahkan pelatih serta pemainnya sendiri. Secara serentak pemainnya meninggalkan timnya. Dengan materi yang minim itu ia terpaksa memberikan kesempatan kepada mereka yang dianggap tidak layak pakai — anak kecil dan orang yang sudah tua.

Kapan rencana film tersebut di launching?
Menurut informasi dari sutradara, launching akan dilakukan setelah piala Eropa. Ya… sekitar bulan Agustus.

Apakah Anda akan ikut dalam launching nanti?
Kalau Pengurus Persiba mengizinkan, saya akan ikut. Kan cuma satu hari saja. Saya juga mengharap launching dilakukan di Balikpapan.

Apa sutradara sudah tahu kalau Anda sekarang menjadi pemain Persiba?
Ya sudah tahu. Dan secara kebetulan dia (sutradara) mantan agen pemain bola juga. Mereka semua mendukung.

Bagaimana perasaan Anda setelah menjadi pemain sepak bola?
Saya senang banget. Selain basic saya adalah pemain bola, dulu saya sempat menjadi pesinetron.

Capek mana dunia akting dengan menjadi pemain bola?
Kalau dibilang capek mana main bola sama sinetron? Ya… sama capeknyalah. Misalnya, main sinetron pulangnya bisa pagi. Kalau main bola juga fisik kan… Tapi saya lebih enjoy main bola karena menjadi pemain bola sudah menjadi cita-cita saya sejak kecil.

Kenapa Persiba jadi pilihan Anda?
Karena di Persija ada pergantian pelatih (Danurwindo). Terus agen saya bilang mending tidak usah bertahan di Persija karena Danurwindo akan bawa pemain sendiri. Setelah itu agen saya memberitahu kalau Persiba melakukan seleksi pemain di Cibubur. Akhirya saya ikut dan saya bersyukur sekali karena dari 100 pemain yang ikut seleksi hanya 12 yang lulus termasuk saya.

Pernah ada tawaran dari klub lain?
Archan Iurie, pelatih Persik Kediri pernah nawarin saya untuk ikut seleksi di Persik dan Persmin Minahasa. Namun karena Persiba sedang mencari pemain-pemian muda bertalenta, akhirnya saya ikut seleksi di Persiba.

Komentar pacar Anda setelah terpilih menjadi pemain bola?
Awalnya dia (pacar) tidak setuju kalau saya menajdi pemain bola. Namun setelah saya beri pengertian akhirnya dia malah mendukung banget, meski kita harus berhubungan long distance alias jarak jauh. Dia sekarang masih di Jakarta lagi sibuk dengan kerjaan. Intinya kita sama-sama mendukung dan menjaga hubungan dengan baik, walau dia di Jakarta dan saya di Balikpapan.  (TRIBUN KALTIM)

Tagged: ,

§ One Response to Dari Film “Bola Itu Bundar” ke Persiba

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Dari Film “Bola Itu Bundar” ke Persiba at ARASKA.

meta

