Maksud Hati Memeluk Panda, tetapi Terkaman Didapat

23 November 2008 § Leave a comment

Seorang mahasiswa, Liu (20), berharap mendapat pelukan hangat dari seekor panda bernama Yang Yang di Taman Qiking. Namun, malang nasibnya, ia malah digigit binatang dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Menurut pekerja Taman Qiking, Sabtu (21/11), mahasiswa yang mengunjungi taman bersama teman-temannya itu melompati pagar setinggi 2 meter untuk menghampiri habitat binatang tersebut. Maksud mahasiswa itu memeluk Yang Yang justru menjadi bencana setelah panda ini menggigit lengan dan kakinya.

Dua turis asing yang melihat kejadian tersebut berlari untuk meminta pertolongan dari pekerja taman yang berada di dekat pos penjagaan taman. Liu terlihat sangat pucat saat ditangani oleh staf paramedis.

“Yang Yang terlihat sangat lucu dan saya hanya ingin memeluknya. Namun, saya tak mengira kalau saya justru akan diserangnya,” ujar Liu kepada Kantor Bertia China Xinhua saat ditangani di rumah sakit setempat.

Menurut keterangan kantor berita Xinhua, Liu menjalani operasi pada Jumat malam serta telah melewati masa kritisnya dan dinyatakan dapat segera pulih dalam beberapa hari ke depan. Sementara itu, Yang Yang terlihat normal serta tak menunjukkan perilaku gangguan psikologis yang negatif. Panda jantan tersebut didatangkan ke Guilin dari Provinsi Sichuan pada tahun lalu.

Pekerja taman yang tak disebutkan namanya itu mengatakan, belum dapat dipastikan apakah akan ada fasilitas tambahan, seperti sinyal bila ada pengunjung yang mendekat atau pemasangan pagar yang lebih tinggi di area sekitar habitat panda.

“Kami tak dapat membuat taman itu seperti penjara. Sebenarnya sudah ada tanda peringatan bagi pengunjung untuk tidak memanjat, apalagi memasuki areanya. Seperti halnya jalanan yang tak dipagari, tetapi orang sudah mengetahui bahwa sebaiknya tak menyeberang jalan apabila ada kendaraan yang melintas,” ujarnya.

Panda yang dikenal sebagai binatang yang lucu dan berperangai lembut, bagaimanapun binatang yang bisa berubah menjadi buas bila merasa terganggu atau terkejut. Seperti kejadian tahun lalu, seekor panda di Kebun Binatang Beijing menyerang seorang remaja yang menerobos pagar pembatas dengan merobek kaki remaja tersebut. Remaja ini dilaporkan melakukan aksinya saat panda sedang diberi makan.

Pada 2006, panda yang sama juga diberitakan telah menggigit turis yang sedang mabuk. Kejadian berawal dari keinginan turis tersebut mendekat dan berusaha memeluk panda yang waktu itu terlelap tertidur. Namun, turis yang tengah mabuk itu tak dapat menerima perlakuan panda dan balik menggigit punggung hewan itu.
MYS

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Maksud Hati Memeluk Panda, tetapi Terkaman Didapat at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: