Asyik, Rupiah Mulai Menguat Lagi

8 December 2008 § Leave a comment

Karyawan penjualan valuta asing (valas) di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat, menghitung lembaran uang dollar AS.

Selasa, 9 Desember 2008 | 10:35 WIB

JAKARTA, SELASA – Rupiah Selasa (9/12) pagi menguat mendekati angka Rp 11.000 per dollar AS, akibat dukungan positif dari faktor eksternal yang terjadi di Amerika Serikat. Posisi beli rupiah berada pada Rp 11.175 per dollar AS, dan jual di posisi Rp 11.275 per dollar AS.

Pengamat ekonomi dari Standard Chartered Bank, Eric Sugandhi di Jakarta, Selasa mengatakan, faktor eksternal yang membuat rupiah menguat karena rencana pemerintah Amerika Serikat yang akan memberikan dana talangan kepada tiga industri otomotifnya.

“Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah AS dibawah Presiden Barack Obama sangat konsen terhadap krisis dunia yang bermula dari AS untuk segera diatasi,” katanya.

Sebelumnya pemerintah AS telah menyuntik dana talangan kepada City Bank yang diambil dari total dana talangan sebesar 700 miliar dollar AS.

“Saat ini para pelaku pasar domestik cenderung menahan diri tidak membeli dollar, mereka bahkan melepasnya. Akibatnya rupiah sejak dua hari lalu terus menguat,” ujarnya.

Rupiah juga mendapat dukungan dari Bank Indonesia (BI) yang segera masuk pasar untuk mendorong rupiah terus menguat. “BI melihat kondisi ini merupakan momentum yang tepat untuk memicu rupiah kembali menguat ke posisi Rp 11.000 per dollar AS,” katanya.

Rupiah masih akan dapat bergerak naik, karena sentimen positif dari eksternal sangat kuat dengan akan digulirkan dana sebesar 700 miliar dollar AS. “Kami melihat peluang rupiah untuk kembali menguat sangat besar, meski untuk mencapai angka Rp 10.000 per dollar AS sangat sulit,” ucapnya.
sumber : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Asyik, Rupiah Mulai Menguat Lagi at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: