Klab Malam Terbakar, 58 Tewas di Malam Tahun Baru

1 January 2009 § 1 Comment

BANGKOK,KAMIS-Kebakaran dahsyat di sebuah klab malam di Bangkok, Thailand menewaskan sedikitnya 58 orang yang sedang merayakan Tahun Baru dan melukai lebih dari 100 orang.

Beberapa saksi mata mengatakan kebakaran berasal dari kembang api sementara yang lain menyebutkan kebakaran akibat arus pendek.

“Kami semua sedang berdansa dan tiba-tiba ada kobaran api besar yang keluar dari depan panggung dan semua orang melarikan diri,” kata wanita peserta pesta, Oh Benyamas, Kamis (1/1) di jalan di luar puing klab malam yang masih membara itu.

Oh mengatakan para pengunjung diberi kembang api beberapa saat menjelang tengah malam dan begitu tanda waktu menunjukkan mulainya tahun 2009, kembang api mulai menyala di tempat dansa dan memicu kebakaran besar.  “Orang-orang mulai berlarian menuju pintu-pintu dan memecahkan kaca-kaca jendela,” katanya.

Puluhan mayat yang dibungkus selimut putih diletakkan di trotoar di luar klab itu sementara petugas memadamkan kebakaran di Ekkamai, sebuah jalan yang terkenal dikunjungi orang asing dan warga Thailand dari kelas atas.

Banyak mayat ditemukan dalam keadaan hangus dan sulit dikenali, dan gedung itu musnah dilalap si jago merah. Regu penolong menggunakan truk pick-up untuk membawa mayat-mayat dari tempat kejadian.

Saksi mata Tos Maddy, yang memperkirakan 400 orang memadati klab malam itu, mengatakan ia mendengar apa yang dia kira ledakan listrik sekitar pukul 12:30 dini hari waktu setempat, diikuti oleh desak-desakan pengunjung di pintu-pintu keluar.

“Terdengar suara dentuman dan orang-orang berlarian menyelamatkan diri. Kebakaran berlangsung sangat cepat,” katanya kepada Reuters.  Beberapa lagi melukiskan kobaran api menjilat langit-langit gedung itu sebelum runtuh.

“Saya di kamar mandi saat itu dan begitu keluar, saya melihat kobaran api di atap dan jatuh ke lantai,” kata Montika Boontang (28) di dekat rumah sakit Bangkok, tempat mayoritas korban cedera mendapat perawatan.

Thanat Wongsanga, wakil kepala polisi Thong Lor dekat klab malam itu, mengatakan penyebab kebakaran tersebut belum diketahui. Media setempat mengatakan masalah listrik mungkin penyebabnya.  Polisi menyatakan korban tewas mencapai 58 orang dan lebih 120 orang cedera.

Tempat-tempat hiburan malam Bangkok, beberapa di antaranya dapat menampung lebih 1.000 tamu sering diprihatinkan karena soal keamanannya walaupun tidak ada laporan tentang insiden di tempat-tempat itu selama lima tahun terakhir.

sumber : kompas.com

Tagged: , , ,

§ One Response to Klab Malam Terbakar, 58 Tewas di Malam Tahun Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Klab Malam Terbakar, 58 Tewas di Malam Tahun Baru at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: