Situ Gintung, Lokasi Wisata yang Jadi Tragedi

27 March 2009 § 13 Comments

Titik jebolnya tanggul Situ Gintung, Ciputat, Tangerang.

Situ Gintung mendadak terkenal. Sudah 40-an orang tercatat tewas, masih angka sementara, menyusul jebolnya tanggul situ atau danau itu, Jumat (27/3) dini hari.

Selama ini, Situ Gintung hanya dikenal masyarakat Jakarta dan Tangerang sebagai salah satu tempat wisata alam dengan pemandangan danau. Letak danau ini memang di dekat perbatasan Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan, yaitu di Cirendeu, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, tepatnya di depan kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Suasana alam terasa begitu masuk ke kawasan wisata seluas lima hektar yang merupakan bagian dari seluruh luas danau sekitar 21,4 ha ini. Lahan parkirnya dipenuhi pohon palem dan kelapa. Area tamannya juga banyak ditumbuhi pohon tinggi sehingga terasa seperti di daerah pegunungan.

Danaunya sendiri sesungguhnya tidak kelihatan bagus, danau terus mengalami proses pendangkalan. Berdasarkan data dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, luas Situ Gintung semula mencapai 31 hektar. Namun, karena proses pendangkalan sekarang luasnya tinggal 21,4 hektar.

Pada akhir pekan dan hari-hari libur, lokasi ini biasanya ramai pengunjung. Bagi warga Jakarta yang kekurangan ruang terbuka hijau, berada di sini memang akan memberi suasana lain: alam hijau, semilir angin, dan danau. Tujuan utama orang ke sini bukan danaunya, tetapi taman rekreasi yang dilengkapi fasilitas kolam renang, gazebo dengan pemandangan danau, area outbound, serta motor dan motor ATV.

Tiket masuknya tergolong murah, hanya Rp 5.000, meski untuk menikmati aneka fasilitas yang ada pengunjung masih harus mengeluarkan biaya lagi. Untuk pemakaian banana boat, misalnya, pengunjung masih harus membayar Rp 50.000/trip, lapangan tenis Rp 25.000/jam, main motor atau mobil ATV bayar lagi Rp 5.000 per beberapa putaran.

Atau, kalau mau mencoba permainan outbound bayar lagi, dengan pilihan paket mulai Rp 25.000 hingga Rp 35.000. Kalaupun hanya membayar tiket masuk, bermain di area kolam renang sudah cukup memuaskan karena dilengkapi berbagai permainan.

Itulah Situ Gintung sebelum jebol. Sekarang, Situ Gitung adalah tragedi. Tanggulnya yang jebol sekitar 30 meter dan serta-merta menggelontorkan air bah sekitar 2,1 juta meter kubik.

Kapasitas tampung danau itu memang sejitar 2,1 juta meter kubik, tetapi hujan deras yang terjadi Kamis sore pukul 16.00-20.00 kemarin menyebabkan danau tak mampu menampung air. Menurut Kepala Balai Besar Wilayah Ciliwung-Cisadane Pitoyo Subandrio, sekitar satu juta meter kubik air terpaksa mengalir melalui bibir tanggul dan pelan-pelan mengikis tanggul.

Gerusan air yang terus-menerus ditambah dengan rapuhnya tanggul yang dibangun pada zaman Belanda itu menyebabkan tanggul perlahan-lahan longsor di bagian bawah sehingga tanggul makin tak kuat. Akhirnya, sekitar pukul 02.00, tanggul jebol dan menggelontorkan jutaan kubik air.

Akibatnya, puluhan jiwa melayang, ratusan rumah warga hanyut, dan ribuan rumah lainnya di kawasan Ciputat dan Bintaro tergenang banjir.

kompas.com

Tagged: , ,

§ 13 Responses to Situ Gintung, Lokasi Wisata yang Jadi Tragedi

  • ara says:

    lokasi situ gintung di depan IAIN. bukan di belakang.

  • Evi Amalia says:

    innanillahi wa inna illahi Roji’un….yuk qta sama2x jaga negara ini…rakyat&pemerintah harus kompak tidak saling menyalahkan…musibah memang ga tau kpn datangnya..tp paling tidak dgn qta pelihara negara ini mungkin bisa mengurangi kejadian2x seperti ini…

    • araskanews says:

      to : evi amalia

      Semua balik ke manusia semua hal,jgan sekali2 slahkan keadaan alam apalagi menyalakan sang pencipta,,,
      semua kejadian pasti ada hikmahnya,,

    • araskanews says:

      To Evi Amalia :
      Setuju…! kita harus saling membantu satu dengan yang lain, tanpa kekompakan, bencana ini sulit diantisipasi….!!

  • Yep says:

    Innalillahi wa inna ilaihi roji’un.
    Turut Berduka Cita…Semoga Keluarga
    Yang Ditinggalkan Diberi Kesabaran dan
    Ketabahan…Amin

  • Semoga dapat diambil hikmah dari musibah Situ Gintung.

  • rayy says:

    saya berturut berduka cita atas musibah situ gintung semoga diberi ketabahan kepada para korban,mudah2an bencana ini

    • araskanews says:

      Kamis segenap Redaksi Araska juga sangat berduka cita atas
      Musibah yang menimpa saudara kita di Situ Gintung – Tangerang.

  • dedy deswandar says:

    semua yang terjadi adalah kehendak Allah kita sebagai manusia harus tabah dan ingat kebesarannya. ini satu ujian dari Allah supaya kita sadar akan dosa-dosa kita selama ini dan ingatlah bahwa tidak ada yang lebih sempurna selain Allah SWT.

    ada video amatirnya ga ni saat – saat terjadinya sampe selesai kayak video amatir sunami di aceh ???

  • dedy deswandar says:

    semua yang terjadi adalah kehendak Allah kita sebagai manusia harus tabah dan ingat kebesarannya. ini satu ujian dari Allah supaya kita sadar akan dosa-dosa kita selama ini dan ingatlah bahwa tidak ada yang lebih sempurna selain Allah SWT.

    ada video amatirnya ga ni saat – saat terjadinya sampe selesai kayak video amatir sunami di aceh ???

    aku doain semoga keluarga korban diberi kesabaran oleh Allah. Aminnnnn

    • araskanews says:

      to : dedy deswandar

      Makashi atas komennya,moga aje,tragedi itu adalah tragedi yg terahir untk negeri ini,,,,,
      kita sbagai manusia harus ihtiar kepada allah itu ajee,,,,,!!

  • gunawan says:

    iyah mudah2xan wisata jakarta bisa jd andalan,,www.wisatapesisirjakarta.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Situ Gintung, Lokasi Wisata yang Jadi Tragedi at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: