”Sudah Siang..Lampu Bobok..”

22 April 2009 § Leave a comment

Heal the world, make it a better place

For you and for me and the entire human race

There are people dying,

If you care enough for the living

Make a better place for you and for me

(Heal The World-Michael Jackson)

Petikan lagu Om Michael Jackson di atas sekarang udah jarang banget terdengar. Padahal, lirik lagu di atas punya makna yang dalem banget lho! Lewat lagunya, Om Jacko mengajak kita untuk lebih peduli sama bumi.

Yap, bumi yang kita tumpangi seumur hidup ini memang sekarang udah semakin tua. Layaknya kakek atau nenek, harus dirawat biar panjang umur. Nah, karena itulah, 22 April, tepat hari ini, dinobatkan sebagai Hari Bumi Internasional. Hari untuk lebih peduli sama bumi, hari untuk makin care sama usaha-usaha untuk menyelamatkan bumi.

Syukur deh, temen-temen si Det ternyata udah peka sama misi untuk menyelamatkan bumi. Mayoritas responDet (74,4 persen) mengaku sudah melakukan kegiatan hemat energi. Caranya mengurangi pemakaian listrik (86,3 persen) atau menghemat bahan bakar (13,7 persen). Hmm.. pakai cara yang mana pun sebenarnya nggak masalah sih. Yang penting, niat yang besar untuk bikin umur bumi bisa makin panjang.

Langkah hemat energi ala Diah Ayu Mandasari di SMA Giki 3, misalnya. Langkah yang dipilih cewek bernama panggilan Manda itu untuk menghemat energi adalah dengan mengurangi pemakaian listrik di rumah.

“Sebenarnya nggak terlalu ribet. Aku cuma berusaha seminimal mungkin pakai lampu di rumah. Kalau siang mending nggak usah pakai lampu. Kalau malam, baru pakai lampu yang watt-nya kecil aja,” cuap Manda memberikan contoh.

Manda awalnya menghemat listrik karena anjuran ortu. Tapi, lama-lama dia jadi terbiasa. “Apalagi orang rumah yang lain juga kayak gitu. Asyik banget kan kalo bisa nyelametin bumi, meski cuma dari rumah?” ujarnya senang.

Calon pahlawan bumi lain yang berjuang dengan menghemat listrik adalah Pradana Mawardi di SMP Muhammadiyah 5. Dana, panggilan akrabnya, mengawali aksinya menyelamatkan bumi dengan seminim mungkin nonton TV.

“Kalo nonton TV, sebisa mungkin aku nggak lama-lama. Terus kalo kepanasan, aku nggak mau bergantung sama AC. Kan, ada kipas angin yang lebih hemat energi. Kemarin aku juga ikutan kampanye matiin listrik selama satu jam, lho! Kapan lagi gitu kan kalau nggak dimulai dari sekarang?” kata Dana berpromosi.

Sekarang Dana dan keluarganya sedang asyik menikmati kebiasaan hidup hemat energi. “Moga-moga aja bakal berlangsung lama, terus lebih banyak lagi yang sadar,” harapnya.

Eits, penyebab bumi jadi makin cepat tua bukan cuma listrik lho. Sumber daya alam berupa minyak bumi yang terlalu banyak diambil juga bisa bikin alam kita jadi lebih cepat uzur. Karena itu, alih-alih hemat listrik, Tyo Bagus Ramadhan pilih jadi earth-saviour dengan lebih sering mengurangi pemakaian bahan bakar kendaraan bermotor.

“Kalau biasanya aku berangkat sekolah naik motor sendirian, sekarang aku selalu berangkat sama temenku yang rumahnya searah. Bawa motornya gantian. Jadi, kan nggak ngabis-ngabisin bensin. Bayangin aja nih, kalau murid satu sekolah bawa motor atau mobil satu-satu. Wah, kasian BBM-nya, jadi cepet abis,” cerita penghuni SMAN 4 itu.

Yap, bahan bakar yang termasuk jenis unrenewable resources bikin Tyo ngeri membayangkan kalau di masa mendatang udah abis duluan. “Daripada bahan bakar habis sebelum waktunya, mending kan dihemat pakainya. Ada efek positifnya juga kok. Sekarang aku jadi irit duit bensin, soalnya lebih banyak nebeng temenku, hehe,” kelakarnya.

Next, giliran Kirana Ayu di SMPN 6 beraksi. Aksi hemat yang dilakukan Kirana serupa dengan Tyo. Yaitu, penghematan bahan bakar. “Aku ke sekolah naik mobil antar jemput. Ini bisa lebih menghemat pemakaian BBM. Satu mobil bisa muat banyak orang. Lagian bisa ramai seru-seruan juga di dalam jemputan,” cuap Ayu.

Ayu juga menambahkan contoh-contoh lain yang bisa dilakuin untuk menghemat pemakaian BBM. “Jangan bergantung sama kendaraan bermotor. Kalau tujuan kita jaraknya deket, lebih enak naik sepeda atau jalan kaki. Save energy sekaligus itung-itung olahraga,” cetusnya. Sip deh. Oh iya, selamat Hari Bumi! (dee/rum)

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading ”Sudah Siang..Lampu Bobok..” at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: