Puluhan Ayam Mati Mendadak Diduga Flu Burung

27 April 2009 § Leave a comment

ayam-kampungBANGKALAN, Puluhan ayam ditemukan mati mendadak di sekitar Desa Gili Timur, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Belum diketahui secara pasti penyebab dari kematian ayam tersebut, namun diduga terkena virus flu burung.

Sebelum mati, ayam itu memiliki ciri-ciri tidak mau makan, badannya lemas dan mengeluarkan lendir dari hidungnya. Kemudian keesokan harinya atau berselang beberapa jam ayam milik warga itu sudah kaku dan mati.

Serta di beberapa bagian tubuh ayam banyak yang lebam. Ironisnya, puluhan ayam yang mati mendadak itu berada di tengah pemukiman warga. Sehingga virus tersebut cepat menyebar pada ayam yang lain.

Salah seorang warga, Mohammad Hadi (45) mengatakan, ada puluhan ayam mati mendadak di desanya. Ia mengaku, rata-rata ayam yang mati sebelumnya sakit disertai dengan kejang-kejang dan keluar lendir dari hidung.

“Kondisi itu sudah berlangsung sejak Jum’at lalu hingga saat ini. Adapun jenis ayam yang mati mendadak sebagian besar ayam kampung,” terang Hadi pada wartawan di rumahnya, Desa Gili Timur, Kecamatan Kamal, Minggu (26/4).

Kondisi tersebut, sambung Hadi, sangat meresahkan masyarakat sekitar yang mengira kejadian tersebut akibat virus flu burung. Bahkan, sebagian dari warga yang ayamnya sudah mati langsung dikubur dan dibakar. Hadi menambahkan, dirinya bersama warga lain sudah berkoordinasi sama aparat pemerintah setempat terkait kasus ini.

Secara terpisah, Wakil Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Syarifah Ambami Rato Ebu (RSA) Bangkalan, Andang Pradana membenarkan adanya kejadian tersebut. Namun, pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kematian dari ayam tersebut. (pulau madura,itsnain)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Puluhan Ayam Mati Mendadak Diduga Flu Burung at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: