Tolak Eksplorasi Migas, Puluhan Massa FKMG Ngeluruk Dewan

13 May 2009 § Leave a comment

demo-migas-4-300x225Bangkalan,  Puluhan massa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Geger (FKMG) menggelar unjuk rasa di depan gedung DPRD Kabupaten Bangkalan, Jalan Soekarno-Hatta, Rabu (13/5).

Mereka menolak eksplorasi migas yang akan dilakukan oleh SPE Petroleum Ltd di Desa Banyonning Dajah dan Katol, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan. Pasalnya, akan menimbulkan konflik yang sangat besar di masyarakat.

Sebelum menggelar aksinya, para mahasiswa itu melakukan long march dari stadion Bangkalan menuju gedung dewan yang berjarak sekitar 500 meter. Di tengan jalan mereka membagi-bagikan selebaran pada pengguna jalan.

Pengunjuk rasa juga membawa poster dan spanduk yang bertuliskan kritikan dan kecaman terhadap rencana pengeboran sumur migas di daerahnya. Adapun salah satu isi dari poster tersebut bertuliskan “Tolak Eksplorasi Migas, Usir Camat Penjual Tanah Rakyat, dan Stop Broker Tanah,”.

Koordinator lapangan (Koorlap) aksi, Sujai, dalam orasinya mengatakan, sebuah mega proyek berupa pengeboran sumur migas yang akan dilakukan SPE Petroleum Ltd sebagai kontraktor dari pelaksana kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi (BP Migas) di kecamatan Geger yang harus ditolak.

“Sebab, semua itu akan menjadi tanda tanya besar bagi masyarakat tanpa ada kejelasan dan pemahaman yang kongkrit. Serta akan menimbulkan konflik baik antar masyarakat maupun dengan pemerintah,” teriak Sujai di depan gedung dewan.

Sujai menambahkan, hal tersebut diperparah lagi dengan adanya makelar dari luar desa setempat yang mengklaim keamanan dan kondusifitas. Jika diteruskan, ucapnya, akan membawa korban pada masyarakat.

“Hentikan proses proyek migas tersebut sebelum ada kesepakatan dengan warga dan pemilik tanah dan stop semua kebohongan tentang migas di masyarakat,” ungkapnya.

Sayangnya, aksi mereka tidak ada satu pun anggota dewan yang mendatangi dan menanggapi aspirasinya. Sebab, anggota dewan sedang mengikuti rapat paripurna di aula Diponegoro, Pemkab Bangkalan.

Bahkan, pengunjuk rasa sempat terlibat aksi dorong dengan petugas keamanan. Pasalnya pengunjuk rasa memaksa masuk ke gedung dewan namun tidak diperpolehkan oleh polisi. Untung suasana tegang, bisa cair. (khacong.jrs@gmail.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tolak Eksplorasi Migas, Puluhan Massa FKMG Ngeluruk Dewan at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: