Mengusap Wajah Setelah Shalat

29 June 2009 § 3 Comments

http://muslimabipraya.files.wordpress.com/2008/01/shalat-2.jpg

Salah satu kebiasaan yang sering kita lihat, setiap selesai mengucapkan salam dalam shalat, umat Islam mengusap wajah dengan kanannya. Hal ini didasarkan satu riwayat bahwa setelah bahwa Rasulullah SAW selalu mengusap wajahnya dengan kedua tangannya.
عَنِ السَّائِبِ بْنِ يِزِيْدِ عَنْ أَبِيْهِ أنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إذَا دَعَا فَرَفَعَ يَدَيْهِ مَسَحَ وَجْهَهُ بِيَدَيْهِ — سنن أبي داود

Dari Saib bin Yazid dari ayahnya, “Apabila Rasulullah SAW berdoa, beliau beliau selallu mengangkat kedua tangannya, lalu mengusap wajahnya dengan kedua tangannya.” (HR Abu Dawud, 1275)

Begitu pula orang yang telah selesai melaksanakan shalat, ia juga disunnahkan mengusap wajah dengan kedua tangannya, sebab shalat secara bahasa berarti berdoa. Di dalam shalat terkandung doa-doa kepada Allah SWT Sang Khaliq. Sehingga orang yang mengerjakan shalat berarti juga sedang berdoa. Maka wajar jika setelah shalat ia juga disunnahkan untuk mengusap muka.

Syekh Abu Bakar bin Muhammad Syatha dalam kitab I’anatut Thalibin menyatakan: Imam Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar, dan kami juga meriwayatkan hadits dalam kitab Ibnus Sunni dari Sahabat Anas bahwa Rasulullah SAW apabila selesai melaksanakan shalat, beliau mengusap wajahnya dengan tangan kanannya. Lalu berdoa:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلهَ إلَّا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيْمُ اَللَّهُمَّ اذْهَبْ عَنِّي الْهَمَّ وَالْحَزَنَ

Saya bersaksi tiada Tuhan kecuali Dia Dzat Yang maha Pengasih dan penyayang. Ya Allah Hilangkan dariku kebingungan dan kesusahan.” (I’anatut Thalibin, juz I, hal 184-185)

Hal ini menjadi bukti bahwa mengusap muka setelah shalat memang dianjurkan dalam Islam. Karena Nabi Muhammad SAW juga mengusap muka setelah shalat.

KH Muhyiddin Abdusshomad
Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam, Rais Syuriyah PCNU Jember

Tagged: , , , ,

§ 3 Responses to Mengusap Wajah Setelah Shalat

  • Bambang Triyono says:

    sekedar meluruskan…berdasarkan ilmu Alquran & Hadist….
    yang betul abis sholat tidak ada gerakan mengusap wajah….
    kalau abis doa memang harus mengusap wajah.

    mengusap wajah sehabis sholat itu tidak ada dalilnya ….hanya kebiasaan ….bukan seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

    begitu yang benar……

  • Abu Dias says:

    Ada yg tdk sesuai dari I’anatut Thalibin dgn kitab lain, yakni usai mengucapkan salam (akhir sholat) maka Rasul beristighfar 3x dan mengucapkan “Allohumma Antas-salam wa minkas-salam tabarokta …” hadits shahih riwayat Muslim, dari Aisyah dan Tsauban radiyallahu anhuma. (Sunan Ibn Majah dan Riyadhush Shalihin)
    Saya sedang mencari hadits larangan membersihkan wajah jika kotor setelah sujud, apa ada yg bisa bantu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Mengusap Wajah Setelah Shalat at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: