Tahun 2012 Semua Charger Akan Sama

1 July 2009 § Leave a comment

Kapan dan di mana, serta charger apa yang digunakan, kelak bukan lagi sebuah perkara. Asosiasi industri GSM beserta 17 operator dan perusahaan raksasa industri mobile dunia baru saja mengumumkan sebuah solusi bagi seluruh pengguna ponsel di seluruh dunia; Universal Charging Solution.

Asosiasi industri GSM beserta 17 operator dan perusahan raksasa industri mobile dunia menggelar komitmen bersama itu Selasa (17/2) di Mobile World Congress, Barcelona, Spanyol. Ketujuh belas perusahaan yag tergabung di situ Nokia, Motorola, 3 Group, AT&T, KTF, LG, mobilkom austria, Orange, Qualcomm, Samsung, Sony Ericsson, Telecom Italia, Telefónica, Telenor, Telstra, T-Mobile, serta Vodafone.

Ikrar itu berisi cita-cita bersama untuk menerapkan penggunaan Universal Charging Solution (UCS) sebagai sebuah standar umum pemakaian battery charger bagi generasi ponselponsel masa depan. Pihak GSMA mengatakan, inisiatif itu bertujuan untuk memastikan bahwa industri mobile bisa mengadopsi sebuah format koneksi bersama untuk charger baterai ponsel.

Berdasarkan komitmen bareng itu pun mereka berharap, UCS bisa memberikan efisiensi energi, dengan estimasi akan mengurangi konsumsi energi hingga 50 persen. Bahkan secara hitungan bisnis, UCS pun dicita-citakan bisa memberikan harapan baru bagi para pemimpin industri itu. Yaitu, UCS dapat menekan pemakaian gas di pabrik-pabrik mereka hingga 13.6 sampai 21.8 juta ton pertahun.

Untuk itulah, GSMA dan 17 perusahaan itu sepakat untuk memberlakukan UCS pada ponselponsel terbaru sejak 1 Januari 2012 mendatang. Memakai Micro-USB sebagai alat penghubung yang umum berlaku secara luas di berbagai belahan dunia, mereka mematok target agar “Charger Semua Umat” ini bisa selaras dengan kemajuan teknologi ponsel yang ada.

“Sejatinya industri mobile tidak semata hanya memikirkan konsumen mereka, tetapi juga berperan penting menjaga isu-isu lingkungan dan semoga ini menjadi langkah yang baik untuk memulai penyelamatan energi,” tegas Rob Conway, CEO dan Anggota Dewan GSMA.

Hadirnya UCS kelak akan mempermudah konsumen terhadap kebutuhan mereka akan ponsel di masa depan. Ya, semudah mengisi baterai ponsel mereka kapan, di mana saja, dan dengan charger apapun.

kompas tekno

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tahun 2012 Semua Charger Akan Sama at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: