Sail Bunaken, Momentum Kembalikan Citra Indonesia

13 August 2009 § Leave a comment

MANADO, Pelaksanaan Sail Bunaken yang akan digelar di Manado dan Bitung, Sulawesi Utara (Sulut), 12-20 Agustus 2009, merupakan momentum untuk mengembalikan citra Indonesia, pascaledakan bom di Jakarta, 17 Juli 2009.

“Sail Bunaken yang menghadirkan ribuan peserta dari berbagai negara akan menjadi media promosi bagi bangsa Indonesia di mata dunia bahwa negara kita aman dan tentram,” kata Kepala Badan Informasi Publik Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) Suprawoto saat sosialisasi Sail Bunaken, di Manado, Senin (10/8).

Ledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton bukan menjadi alasan bahwa bangsa Indonesia tidak aman lagi karena ibu kota Jakarta hingga kini masih kondusif.

Menurut dia, mata internasional hanya mengenal Indonesia lewat Jakarta dan Bali, tetapi masih banyak daerah di Indonesia yang memiliki potensi sumber daya alam dan lokasi wisata yang tersebar di daerah lain, termasuk Sulut.

“Pemerintah pusat memilih Sulut sebagai lokasi Sail Bunaken karena dua alasan. Alasan pertama, Sulut memiliki wisata maritim yang dikenal dunia, yakni Taman Nasional Laut Bunaken dengan keindahan sejuta biota dan jarang dijumpai di daerah lain,” katanya.

Alasan kedua, Provinsi Sulut sudah lama dikenal dengan keamanannya karena terbukti sukses menggelar World Ocean Conference (WOC) pada 11-15 Mei 2009 dengan menghadirkan 75 negara dan sejumlah lembaga dunia.

Sementara itu, kesiapan daerah menjelang Sail Bunaken yang akan diikuti puluhan kapal perang berbagai negara sudah cukup optimal, seperti sejumlah hotel, obyek wisata, hubungan telekomunikasi dan internet, serta sarana pendukung lainnya.

Dalam Sail Bunaken akan ada parade kapal perang terbaik se-dunia (fleet review), lintas layar (sail pass), kapal layar tiang tinggi (tall ship), yacht rally Darwin (Australia) ke Manado, lintas terbang (fly pass), kirab kota, dan bakti sosial.

“Ada salah satu kapal induk terbesar milik Amerika Serikat, USS George Washington. Mereka datang pertama kali di Pelabuhan Manado karena merupakan pelabuhan alam luar biasa,” katanya.

KOMPAS.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Sail Bunaken, Momentum Kembalikan Citra Indonesia at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: