Ratusan Warga Tutup Paksa Pantai Lombang

14 August 2009 § Leave a comment

lombangSUMENEP, Ratusan warga yang mengatasnamakan pemilik lahan menutup secara paksa wisata pantai Lombang di Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Jumat (14/8).

Mereka menutup objek wisata yang terkenal cemara udangnya itu dengan memasang spanduk berukuran raksasa di pintu masuk bertuliskan “Lombang Ditutup, Pengunjung Harap Pulang”.

Akibatnya, pengunjung yang hendak mengunjungi wisata pantai andalan kabupaten paling timur di pulau madura itu balik kucing. Mereka terpksa memutar balik kendaraannya ketika tahu ada aksi penutupan tersebut.

“Pantai Lombang ditutup merupakan puncak kekesalan kami, sebagai pemilik lahan, karena pemerintah kabupaten (Pemkab) menarik tiket masuk pada pengunjung. Padahal status lahannya masih sengketa,” terang salah seorang warga, Ahmad Juri, di Sumenep.

Menurut Juri, kasus sengketa lahan tersebut masih dalam proses di Pengadilan Negeri (PN) Sumenep. Pihaknya tetap akan menutup wisata pantai Lombang sebelum proses persidangan selesai.

“Jika ada pengunjung yang ingin masuk ke wisata Lombang tidak ada masalah, tapi tidak harus membayar tiket dan dipersilahkan langsung pulang karena tidak ada hiburan,” ungkapnya.

Sementara, Kepala UPTD Wisata Pantai Lombang, Ja’Kup, membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, pihaknya hanya memantau aksi penutupan pantai Lombang oleh warga karena takut ada pengrusakan.

“Hingga saat tidak ada fasiltas wisata yang dirusak oleh warga. Semua falitas yang ada tetap terjaga dan masih utuh,” ucap Ja’Kup pada wartawan saat dikonfirmasi di kantor Pariwisata Sumenep.

Menurut Ja’Kup, pihak telah melaporkan semua persoalan yang terjadi di lapangan pada Dinas Pariwisata serta polisi setempat. Supaya permasalahan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan sebelum ada yang dirugikan.

“Sebab, bila aksi penutupan terhadap objek wisata pantai Lombang ini terus berlanjut bisa mempengaruhi pendapat daerah,” ujarnya. (khacong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Ratusan Warga Tutup Paksa Pantai Lombang at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: