Tak Punya SIM, Didenda Rp 700 Ribu

14 August 2009 § Leave a comment

razia-24-08-05fBANGKALAN, Bagi pengendara motor atau mobil yang tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM), jangan coba-coba menaiki kendaraannya di jalan raya, sebab jika terkena tilang denda yang harus dibayar sebesar Rp700 ribu.

“Dalam Undang-Undang (UU) nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas yang baru menyebutkan pengendara yang tidak memiliki SIM akan dikenai denda sebesar Rp700 ribu,” terang Kasat Lantas Polres Bangkalan, AKP Samsul Mu’arif, Jumat (14/8).

Menurut Samsul, bila pengendara motor atau mobil memiliki SIM, namun lupa tidak dibawa dendanya lebih ringan yakni Rp250 ribu. Besaran denda tersebut tentunya lebih besar dibandingkan UU nomor 14 tahun 1992.

“Bila mengacu pada UU yang lalu pengendara yang tidak memiliki SIM dan tak membawa SIM dendanya sama yakni sebesar Rp12.500,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Samsul, UU yang baru juga mewajibkan kendaraan roda dua menyalakan lampu pada siang hari. Jika tidak, maka denda yang harus dibayar oleh pelanggar sebesar Rp100 ribu.

“Itu sesuai dengan pasal 297 ayat 2, dimana kendaraan roda dua harus menyalakan lampu saat siang hari. Kalau melanggar denda yang harus dibayar Rp100 ribu,” ucapnya.

Samsul menjelaskan, dalam UU yang baru juga mengatur tentang pengurusan izin memakai jalan untuk sebuah acara. Bila dulu izinnya melalui dinas perhubungan (Dishub), tapi saat ini izinnya ke polisi.

“Nanti, kami yang akan memberikan surat tembusan pada dishub terkait warga yang mengurus izin memakai jalan untuk hajatan,” urainya.

Ia mengungkapkan, kalau ada kasus kecelakaan yang disebabkan jalan bergelombang dan berlubang, korban bisa mengajukan tuntutan pada dinas terkait seperti Binamarga.

“Kenapa jalan yang rusak tadi tidak diperbaiki, dan mereka bisa dituntut oleh korban kecelakaan,” ucapnya.

Samsul menambahkan, UU yang baru itu masih belum diberlakukan. Sebab, masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) dan Perkap. Jika PP dan Perkapnya telah turun maka UU nomor 22 tahun 2009 akan diberlakukan.

“Sekarang masih tahap sosialisasi pada masyarakat. Paling lama, UU yang baru ini akan diberlakukan setahun ke depan,” ucapnya. (khacong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tak Punya SIM, Didenda Rp 700 Ribu at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: