Tuntut Sertifikasi Tanah, Puluhan Warga Demo BPN

7 September 2009 § Leave a comment

demo-bpn-2-ok-300x225BANGKALAN, Puluhan warga Desa Gili Timur, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan menggelar unjuk rasa di halaman kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) setempat, Senin (7/9).

Puluhan warga ini datang ke kantor BPN dengan mengendarai mobil dan sepeda motor. Para pengunjuk rasa juga membentangkan poster yang bertuliskan “Kami Orang Miskin Jangan Ditipu dan Ganyang Penipuan Sampai ke Akar-akarnya”.

Koordinator lapangan (koorlap) aksi, Fajar, dalam orasi, menyatakan, masyarakat sudah bosan dengan janji yang diucapkan salah seorang oknum BPN yakni Hari Yamin, jika akan menyelesaikan proses sertifikasi tanah milik 230 warga setempat. Namun, sampai batas waktu yang telah ditentukan proses sertifikasi tanah belum juga selesai.

“Hari Yamin berjanji akan menyelesaikan sertifikasi tanah milik warga desa gili timur pada Agustus 2009, tapi kenyataanya belum juga selesai,” terang Fajar.

Padahal, sambung Fajar, pendaftaran sertifikasi tanah secara massal sudah dilakukan sejak awal 2008. Bahkan, warga sudah ditarik sejumlah uang yang besarannya bervariasi mulai dari Rp400 ribu hingga Rp4 juta.

Sementara itu, kepala BPN, Achmad Widianto, mengatakan, pihaknya berjanji akan menyelesaikan kasus tersebut secepatnya. Namun, permasalahannya hingga saat ini berkas untuk proses sertifikasi tanah belum juga masuk di kantor BPN Bangkalan.

“Hingga saat ini, kami belum menerima berkasnya. Terus bagaimana caranya untuk memproses sertifikasi tanah tersebut,” kata Widianto.

Ia menambahkan, pihaknya meminta pada warga supaya berkasnya untuk proses sertifikasi segera diserahkan.

“Setelah itu, akan kami proses dan dalam waktu dekat akan selesai,” ujarnya berjanji.

Aksi yang dilakukan warga Gili Timur, Kecamatan Kamal, Bangkalan, itu berlangsung tertib dengan pengawalan ketat dari kepolisian setempat. (khacong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tuntut Sertifikasi Tanah, Puluhan Warga Demo BPN at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: