Polisi Digerebek, Ratusan Petasan Disita

13 September 2009 § Leave a comment

rereBANGKALAN, Kepolisian Resort (Polres) Bangkalan berhasil menangkap pembuat sekaligus penjual petasan yang mulai beroperasi sejak bulan Ramadhan.

Identitas pelaku bernama M Syafii (32) warga Desa Jakan, Kecamatan Socah. Polisi juga mengamankan ratusan petasan dari berbagai ukuran yang siap meledak, 20 kg bubuk petasan, ratusan selongsong petasan dan bubuk sreng dor seberat lima kg.

Serta potas seberat 10 kg, arang sebanyak 14 kg, belerang seberat 0,25 kg dan peralatan pembuat petasan seperti gunting dan kayu. Barang-barang tersebut diamankan sebagai barang bukti (BB) untuk kepentingan penyidikan.

Kasat Reskrim Polres Bangkalan, AKP Suwarno, mengatakan, penangkapan itu bermula informasi dari masyarakat. Dimana menyebutkan kalau pelaku sering menjual petasan pada warga setempat.

“Lalu informasi itulah, kami tindaklanjuti di lapangan. Ternyata benar, saat petugas melakukan penggerebekan pelaku sedang membuat petasan dengan jumlah yang besar,” terang Suwarno di Bangkalan.

Kemudian, sambung Suwarno, pelaku ditangkap dan digelandang ke mapolres Bangkalan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Sebab, perbuatan pelaku sudah melanggar aturan yang ada.

“Disamping itu, perbuatan pelaku juga mengancam keselamatan orang lain dan diri sendiri. Jika petasan dengan jumlah banyak itu meledak maka akan menghancurkan benda yang ada di sekitar,” ucapnya.

Menurut Suwarno, pelaku akan dijerat dengan pasal 1 ayat I Undang-undang darurat nomor 12 tahun 1951 ancaman hukuman 10 tahun penjara.

“Petasan memang menjadi prioritas operasi petugas dan memang menjadi tugas, mereka akan terus melakukan razia petasan hingga menjelang lebaran,” . (khacong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Polisi Digerebek, Ratusan Petasan Disita at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: