DialUp Telkomnet Instant

15 September 2009 § 1 Comment

dialupApakah anda terkejut bahwa saya masih menulis pada blog ini cara konfigurasi koneksi Dial-up? Karena dial-up jarang sekali digunakan kalau tidak boleh dibilang sudah tidak digunakan lagi. Tetapi bila kita suatu hari melakukan perjalanan ke sebuah daerah terpencil dimana belum tersedia jaringan bandwith besar sementara anda memerlukan koneksi internet untuk mengirim atau menerima sebuah email yang penting.

Kita tidak dapat menjumpai koneksi internet Broad band di setiap daerah di negara kita yang tercinta ini, apalagi daerah yang cukup terpencil. Namun kita masih dapat menjumpai walaupun jarang jaringan telepon kabel di setiap daerah. Kita asumsikan bahwa anda mempunyai sebuah laptop yang anda bawa dalam melakukan perjalanan dan sebuah kabel telepon. Tentu saja laptop anda sudah memiliki fasilitas modem internal yang telah terinstall dengan driver yang sempurna.

Hal berikutnya yang anda perlukan untuk dapat terhubung ke internet adalah konfigurasi yang tepat untuk penyedia layanan penyedia (dalam hal ini umumnya adalah Telkom dengan produknya Telkomnet Instant). Nomor dial untuk layanan Telkomner Instant adalah 080989999 dengan user id telkomnet@instan dan password telkom. Kecepatan yang diberikan oleh koneksi ini hanya 56 kilo byte per second (kbps), sangat jauh bila dibandingkan dengan ADSL. Namun kecepatan itu sangat berarti bila anda tengah berada di sebuah daerah terpencil yang tidak ada alternatif koneksi internet yang lain.

Karena sebagian besar komputer memakai XP sebagai OS, maka saya asumsikan juga bahwa anda menggunakan OS ini untuk komputer anda. Bila anda menggunakan OS Windows 98 atau Vista Basic prosesnya sama dan menunya saja yang mungkin agak lain. Untuk memulai konfigurasi koneksi Dial up klik Start > Settings > Control Panel > Network and Dial-up Connections. Dobel klik pada Make New Connection, pilih Next, Select Dial-up to Internet, Select Manually Configure Settings dan ketik 080989999 pada nomor Dial up. Untuk user id adalah telkomnet@instan dan password telkom. Setelah semua parameter tersebut dimasukkan dengan benar maka anda hanya tinggal mengikuti petunjuk di layar sampai selesai.

Setelah selesai melakukan konfigurasi tersebut periksa apakah koneksi baru yang telah anda beri nama sebelumnya muncul dengan melihatnya pada Control Panel > Network Connection. Anda dapat menambahkan shortcut pada desktop untuk memudahkan anda mengaksesnya. Cobalah koneksi tersebut dengan klik pada Connect dan anda akan mendengar nada sambung (dial tone) seperti pada saat kita akan melakukan panggilan biasa. Bila anda tidak mendengar nada ini maka periksa kabel telepon yang terhubung ke modem anda.

TIPS: Mengingat terbatasnya kecepatan pada koneksi Dial up maka disarankan anda menonaktifkan fungsi load otomatis multimedia pada browser anda, jadi pada saat anda browsing internet maka gambar-gambar animasi atau file multimedia lain tidak tampak sehingga akan lebih mempercepat koneksi Dial up and.

Cara menonaktifkan fasilitas ini pada Microsoft Internet Explorer adalah pada tool bar atas Pilih Tools > Internet Options > pilih Tab Advance. Gulung layar ke bawah dan cari Multimedia kemudian buang tanda centang pada Play Animations, Videos dan Sounds.

Untuk Mozila Firefox pilih Tools > Option > Content kemudian lepaskan tanda centang pada Load images automatically.

Selamat mencoba, dan bila ada hal apapun yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar maka insya allah pasti saya respon.
**NB : kirim Saran2 anda.

§ One Response to DialUp Telkomnet Instant

  • ukie says:

    saya punya masalah dengan koneksi dial up di laptop saya,
    begini, dulu saya menggunakan koneksi internet menggunakan dialup telkom, tp setelah saya menggunakan spedy dan menggunakan hub.saya tidak menggunakan dialup telkom lag, tp setiap saya bukak browser, pasti selalu muncul dial untk ke telkom tersbut, tp untk browsing mash bisa, cm saya di repotkan sering munculnya perintak dialup secara otomatis itu.yang mau saya tanyakan, bgmn cara setting utk mematikan nya?tp saya g ingin mendelet koneksi itu.
    terimakasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading DialUp Telkomnet Instant at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: