Arus Mudik, Dermaga Kamal Sepi

17 September 2009 § Leave a comment

kamal dermaga

kamal dermaga

BANGKALAN,PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kamal Kabupaten Bangkalan masih mengoperasikan delapan kapal dari total sebelas armada yang disiapkan arus mudik, karena penumpang sepi, Kamis (17/9).

Manager Operasi PT ASDP Kamal, Wildan Jazuli, mengatakan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriah para pemudik yang memakai jasa penyeberang fery belum ada peningkatan yang significant. Sebab, situasi di dermaga kamal masih normal.

“Hingga saat ini belum ada lonjakan penumpang fery yang berarti. Ini terlihat dari kondisi dermaga kamal yang masih lengang,” terang Wildan di Bangkalan.

Menurut Wildan, pihaknya masih mengoperasikan delapan armada dari sebelas kapal yang telah disiapkan dalam arus mudik kali ini. Sebanyak lima kapal dioperasikan saat pagi dan sore.

“Sedangkan tiga kapal lainnya dioperasikan pada sore dan malam hari dengan memakai tiga dermaga,” ungkapnya.

Menurut Wildan, hingga sore hari jumlah pemudik yang naik fery sekitar 2.110 penumpang. Dimana yang meliputi 1.500 pejalan kaki, 600 kendaraan roda dua, dan 10 kendaraan roda empat.

“Bila dibandingkan dengan arus mudik tahun lalu, ada penurunan 60 persen untuk pejalan kaki dan roda dua. Sementara untuk roda empat ada penurunan sekitar 80 persen ,” paparnya.

Wildan menambahkan, pihaknya masih belum memberlakukan kebijakan mempersingkat waktu proses bongkar muat barang yakni 12 menit. Namun, jika penumpang fery membludak maka waktu bongkar muat akan dipangkas menjadi 8 menit.

“Kami memprediksi puncak arus mudik dari dermaga Ujung-Kamal H-2 mendatang. Kalau hal itu terjadi, kami akan operasikan seluruh armada yang ada dan waktu bongkar muat akan dipersingkat menjadi delapan menit,” ucapnya.

Menurut Wildan, sebelas armada tersebut terdiri dari tiga kapal Darma Lautan Utama (DLU), tiga kapal dari JM, dua kapal dari ASDP, satu kapal dari PT Sindu dan satu kapal dari PWT. (khacong)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Arus Mudik, Dermaga Kamal Sepi at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: