Peugeot BB1, Antara Mobil Kota dan Sepeda Motor

5 October 2009 § Leave a comment

Mobilitas kota besar yang makin memusingkan (macet, polusi dan susah parkir), memaksa para insinyur dan desainer menawarkan konsep mobil yang makin kecil (praktis dan lincah) dan ramah lingkungan. Kalau perlu, menggabungkan unsur mobil kota dan sepeda motor.

Itulah yang dilakukan Peugeot dengan memperlihatkan konsep mobil kota terbarunya yang diberi nama BB1 kepada publik di Frankfurt Motor Show yang berakhir Minggu lalu.

Penampilan BB1 aneh. Terutama bagian depannya. Tetapi itulah konsep yang ditawarkan agar mobil ini bisa dibuat dengan dimensi: panjang 2,5 m, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,5 m dan mampu memuat 4-penumpang dewasa.

Dengan dimensi terebut, BB1 adalah mobil  yang gesit. Peugeot mengklaim, diameter putar mobil ini hanya 3,5 meter. Gampang diparkir dan tidak memerlukan ruang yang banyak. Keunikan lain mobil ini, kedua  pintu samping membuka terbalik. Engselnya di belakang.

Interior Fleksibel. Kendati postur mobil ini kecil atau imut-imut, interiornya fleksibel untuk memuat orang dan barang. Untuk volume ruang buat barang, saat dimuati 4-penumpang hanya bisa dimuat 160 liter. Tetapi bila berisi pengemudi saja, ruang bagasi menjadi  855 liter.

Dijelaskan pula, konsep posisi mengemudi BB1 diilhami oleh sepeda motor. Posisinya tegak. Dengan cara ini, pedal-pedal tidak memerlukan ruang atau lantai seperti mobil sekarang.

Bahkan,penumpang, diposisikan secara tandem di belakang pengemudi. Begitu juga sisi lainnya, yaitu penumpang depan dan belakang.

Teknologi  yang digunakan adalah LED untuk seluruh lampu depan. Juga ada kamera untuk melihat situasi dan kondisi belakang.

Tak kalah menarik adalah aplikasi serangkaiahn   teknologi interaktif. Layar monitor berwarna dengan sistem audio mobil yang ideal untuk fungsi “smartphone”, telepon, navigasi, akses internet, radio dan  MP3. Pengoperiasnnya, hanya mencolokkan ke USB  ke unit audi atau bila perlu menggunakan soket 12 volt.

Juga ada sebuah jam yang membawa suasana  interior ke kehidupakan. Warna interior berubah setiap periode keseharian, waktu berjalan sesuai dengan irama cahaya. Tujuan menghilangkan kebosan dan memberikan gairah kehidupan.  Ada pula animasi grafis untuk speedometer. .

Beragam Bodi. Sumber penggerak mobil ini adalah motor listrik yang dipasang langsung pada kedua roda belakang, hasil rekayasa bersama Michelin. Dengan teknologi tersebut, ruang interior bisa dimaksimalkan.

Sumber tenaga tenaga ini diilhami oleh quad bike (ATV). Tenaga maksimum yang dihasilkan15 kW (20 hp) atau 7,5 untuk setiap motor. Hasilnya, untuk sprint dari 0 – 30 kpj, BB1 memperolehnya  dalam 2,8 detik dan 30-60 km/jam hanya 4 detik.

Baterai lithium-ion yang bisa digunakan untuk jarak 120 km sekali isi penuh. Baterai terdiri dua unit kemasan yang ditempatkan di di bawah jok belakang kanan dan kiri. Dengan cara ini, bobot terpusat di tengah dan membantu stabilitas saat direm.

Menggunakan sasis pipa (tubular) hasil rancangan Peugeot Motorcycle. Begitu juga dengan power steering listrik, suspensi (double wishsbone di depan dan suspensi belakang), rangkaian per peredam gesekan- membuat kendaraan mantap di jalan sesuai dengan performanya,

Bodi dibuat dari struktur karbon yang sangat ringan yang mampu melindungi seluruh ruang penumpang. Hebatnya lagi, bentuk bodi bisa diubah sesuai selera pemiliknya dan memungkinan bentuknya yang beragam.

Spesifikasi Peugeot BB1

Motor Listrik
Tipe
Sinkronous,
magnet permanen
Tenaga kontinu
2 x 7,5 kW
Tenaga maks.
2 x 10
Torsi maks,
2 x 320 Nm
Ban
Tipe
Michelin energy saver
Ukuran
195x50R60
Performa (hanya pengendara)
Akselerasi 0-30 kpj
2,8 detik
Akselerasi dari 30 – 60 kpj
4,0 detik
Kecepatan maksimum
90 kpj
Jarak pakai baterai
120 km
Dimensi
Panjang
2,50 m
Lebar
1,60 m
Tinggi
1,54 m
Jarak sumbu roda
1,8 m
Overhang depan dan belakang
0,40.0,30
Trek depan dan belakang
1,40 m
Berat
Berat tanpa baterai
500 kg
Berat dengan baterai
600 kg
Cd
0,36/0,37
Baterai
Lithium-ion

ZBJ

kompas.com

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Peugeot BB1, Antara Mobil Kota dan Sepeda Motor at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: