UPH College, Terobosan Baru Dunia Pendidikan Indonesia

13 October 2009 § Leave a comment

TANGERANG, Pendiri dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Pelita Harapan James Riady berharap kehadiran UPH College dapat mempersiapkan dan membekali para pemuda Indonesia menjadi pemimpin bangsa.

“UPH College berawal dari ide bagaimana anak-anak muda SMU dididik, diberi pembekalan yang cukup agar saat masuk universitas, mereka sudah siap dengan sasaran yang lebih jelas. Dengan demikian, waktu untuk menyelesaikan pendidikan S1 lebih cepat,” kata James Riady di kampus UPH Lippo Village, Tangerang, Banten, Selasa (13/10) sore.

Lokasi UPH College yang berada di dekat kampus Universitas Pelita Harapan Lippo Village, membantu siswa UPH College lebih baik karena siswa bisa masuk asrama dengan program International Bachelorette.  “Seperti halnya SPH sebelum berganti nama, UPH College pun menggunakan bahasa pengantar dan pengajar asing. Kami berharap UPH College menjadi pelopor pendidikan berkualitas di Indonesia,” kata James.

James Riady juga berharap Kabinet baru dan para elit pemerintah betul-betul memperhatikan dunia pendidikan. “Bagaimana pun, membangun bangsa itu kuncinya ada pada sumber daya manusia. Nah, SDM inilah yang harus dikembangkan serius,” kata James.

Terobosan baru dunia pendidikan

UPH College adalah SMU yang membawa terobosan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia dengan kurikulum nasional dan nilai tambah positif dalam peningkatan kualitas pembelajaran yang memungkinkan siswa memperoleh kredit dari beberapa mata pelajaran yang dapat ditransfer menjadi kredit kuliah di universitas. Program ini memungkinkan siswa yang lulus dapat diterima langsung di Universitas Pelita Harapan (UPH). Program UPH College akan dibuka mulai tahun ajaran tahun 2010.

Koordinator Sekolah Dian Harapan dan Sekolah Pelita Harapan, Aileen Hambali Riady mengungkapkan, kelebihan yang dimiliki UPH College antara lain mata pelajaran yang lebih berbobot, di mana siswa bukan saja memenuhi pelajaran yang diminta pemerintah untuk mengikuti Ujian Negara Nasional, tetapi juga memiliki pilihan mata pelajaran yang beragam. Siswa dapat memperoleh nilai kredit di UPH bila kelak mereka memilih melanjutkan studi di UPH.

“Tujuan UPH College memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk dapat mengembangkan diri sesuai talenta masing-masing melalui pelajaran tambahan, yang dapat diambil sejak mereka duduk di bangku kelas I SMU. Bahkan bila mereka lulus UPH College, mereka akan dapat langsung diterima di UPH,” kata Aileen.

Setiap siswa UPH College dapat menggunakan fasilitas olahraga dan kesenian bertaraf internasional seperti kolam renang, lapangan sepakbokla, basket, voli, pusat kebugaran, musik, biliar, tenis meja, klub aerobik. Siswa UPH College juga dapat memanfaatkan perpustakaan termodern di Indonesia dengan fasilitas lebih dari 65.000 buku dan fasilitas e-library (e-books dan e-journals).

KOMPAS.com

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading UPH College, Terobosan Baru Dunia Pendidikan Indonesia at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: