Tiga Peneliti Ribosom Raih Nobel Kimia 2009

15 October 2009 § Leave a comment

Tiga peraih Nobel Kimia 2009.

STOCKHOLM, Hadiah Nobel Kimia 2009 diberikan kepada tiga ilmuwan yang sama-sama meneliti ribosom, bagian sel yang memproduksi protein. Ketiganya adalah Venkatraman Ramakrishnan dan Thomas Steitz dari AS serta Ada Yonath dari Israel.

The Royal Swedish Academy of Science menyebut penemuan ketiga ilmuwan tersebut menjadi dasar pemahaman manusia terhadap kehidupan. Ribosom merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh makhluk hidup karena memproduksi protein yang mengendalikan cara kerja tubuh tumbuh-tumbuhan, hewan, maupun manusia.

Mereka berhasil mengungkap bagian-bagian atom pembentuk ribosom. Secara terpisah, ketiganya melakukan riset ribosom menggunakan metode yang disebut kristalografi sinar-X untuk menentukan posisi setiap atom yang membentuk ribosom dan membuat model tiga dimensinya.

“Model ini sekarang digunakan para ilmuwan untuk mengembangkan antibiotik baru , yang secara langsung membantu menyelamatkan kehidupan dan mengurangi penderitaan manusia,” ujar panel juri Nobel. Sebab, produk antibiotik yang dibuat saat ini mengobati penyakit dengan cara mematikan fungsi ribosom bakteri.

Ramakrishnan, pria kelahiran India yang saat ini berusia 57 tahun adalah ilmuwan senior dan ketua Divisi Penelitian Struktur di Laboratorium Biologi Molekuler MRC Cambridge, Inggris. Steitz (69) yang lahir di Milwaukee adalah profesor biofisika molekuler dan biokimia di Universitas Yale. Sementara Yonath adalah profesor biologi struktur di Institut Sains Weizmann di Rohovot, Israel.

Mereka akan berbagi hadiah senilai 10 juta kronor atau sekitar Rp 14 miliar. Masing-masing juga akan mendapatkan medali emas, sertifikat, dan akan menerima hadiah dalam acara khusus tahunan di Stockholm, Swedia pada 10 Desember mendatang.
WAH
Sumber : AP

KOMPAS.com

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tiga Peneliti Ribosom Raih Nobel Kimia 2009 at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: