Harddisk 20 TB yang Ramah Lingkungan

19 October 2009 § Leave a comment

318196

Kalau memundurkan jarum jam kembali pada awal pertengahan dekade 90-an, ketika floppy disk, penyimpan berbentuk segi empat dengan kapasitas 360 kilobyte masih menjadi perangkat penting untuk menyimpan berbagai data digital kita menghadapi persoalan. Tumpukan floppy disk memenuhi berbagai sudut ruangan.

Masalah lain, pencarian pun menjadi pemborosan waktu tersendiri karena harus membaca stiker yang tertera pada floppy disk apa isinya dan apakah data digital di dalamnya akan kita gunakan. Masalah lain, perangkat floppy disk ini sering kali bermasalah karena berada dalam tumpukan sehingga tidak mau dibaca oleh komputer.

Memindahkan data ke sebuah perangkat hard disk ketika itu masih mahal dan dianggap sebagai barang mewah yang tidak dimiliki oleh banyak orang. Harga sebuah hard disk dengan kapasitas penyimpanan sebesar 20 MB ketika itu sama dengan sebuah layar monitor ukuran besar, atau perangkat prosesor grafik yang baik untuk bermain game.

Sekarang, ketika jarum jam berpacu cepat 15 tahun kemudian, di pasaran tersedia hard disk dengan kapasitas besar dan floppy disk menjadi almarhum tidak jelas ke mana jejaknya. Perkembangan hard disk pun dipacu terus-menerus untuk mencapai kapasitas ukuran besar bersamaan dengan kemajuan teknologi komunikasi-informasi.

Ramah lingkungan

Belum lama ini, Western Digital Corporation yang bergerak dalam pembuatan penyimpan digital memperkenalkan hard disk dengan kapasitas 2 terabyte (TB) dengan harga jauh lebih murah dibanding pertengahan tahun 1990-an. Harga yang ditawarkan Western Digital ini kira-kira setengah harga hard disk kapasitas 20 MB waktu itu.

Dan, memang bersamaan dengan semakin cepatnya akses koneksi jejaring sosial, baik melalui kabel serat optik maupun nirkabel pita lebar jaringan seluler, menyebabkan terjadinya perubahan perilaku menyimpan data karena kecenderungan untuk menyimpan semua data digital yang ada di jaringan internet.

Apalagi, hard disk yang ditawarkan dengan kapasitas besar, seperti Western Digital WD20EADS, ini memiliki kapasitas penyimpanan 100.000 kali lebih besar dibanding pertengahan dekade 90-an. Selera orang-orang pada era digital ini pun mulai berubah untuk juga menyimpan produk digital multimedia, seperti video, musik, foto, serta berbagai aplikasi lain.

Produk Western Digital 2 TB ini menjadi atraktif dan menjadi kebutuhan banyak orang untuk berbagai keperluan aktivitas digital mereka. Salah satu terbaru dari jenis hard disk ini adalah apa yang disebut sebagai Green drives, menghadirkan teknologi ramah lingkungan dengan melakukan perbaikan pada algoritme hard disk, ketika pemutar hard disk bergerak lebih lambat untuk hemat energi, tetapi tidak memengaruhi kinerja kecepatan.

Hard disk Western Digital 2 TB ini juga dilengkapi dengan algoritme yang bekerja untuk memastikan kalau jarum pembaca dan menulis bekerja cepat pada saat dibutuhkan saja. Cara ini juga mengurangi konsumsi energi listrik dan getaran karena kecepatan memutar hard disk mencari data.

Kehadiran Western Digital 2 TB merupakan langkah awal memasuki era digital sesungguhnya dengan semakin banyak pilihan isi digital yang bisa disimpan pada masa mendatang. Dan, dalam waktu yang singkat, teknologi 2 TB dalam kapasitas penyimpanan akan menjadi sama maraknya dengan floppy disk 15-an tahun lalu. (RLP)

Sumber: Kompas

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Harddisk 20 TB yang Ramah Lingkungan at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: