Terbentuknya Sinema Rumah Multimedia Digital

19 October 2009 § Leave a comment

318152

Kehadiran multimedia di tengah kemajuan sistem jejaring digital yang bertambah cepat dan menyenangkan memberikan pilihan menarik untuk mengisi hiburan di rumah secara digital. Berbagai perangkat multimedia digital sekarang tersedia secara luas di pasaran, dan konvergensi dengan jejaring digital kapasitas lebar pun menjadi tren penting.

Generasi baru perangkat multimedia bermunculan untuk memudahkan pengguna memanfaatkan, berbagi, dan menikmati hiburan digital dalam lingkup yang tidak lagi dibatasi oleh standardisasi atau hambatan fisik di dalam dan di luar ruang. Era digital telah memberikan kenyamanan skalabilitas yang memungkinkan beragam isi video, musik, dan foto dinikmati secara memuaskan.

Skalabilitas dalam era multimedia ini menjadi penting, berbeda dengan cara kita menghibur diri ketika masih menggunakan teknologi analog yang secara terjebak dalam format standardisasi yang harus digunakan, atau pilihan-pilihan yang tidak setara. Misalnya, antara pita video Beta dan VHS atau dengan laser disc.

Dalam era digital, format standardisasi seperti tidak relevan karena perangkat konvergensi hiburan sekarang menjadi semakin canggih, tidak dibatasi oleh medium tertentu, dan semakin mudah untuk digunakan. Ketersediaan pilihan ragam hiburan pun menjadi luas, bersamaan dengan pesatnya kemampuan jejaring digital yang digelar untuk menghasilkan akses kecepatan tinggi.

Kebutuhan multimedia

Salah satu perangkat menarik adalah buatan QNAP Systems Inc, perusahaan Taiwan yang memproduksi perangkat solusi penyimpan terkait jejaring digital (NAS) dan perekam video jejaring. Salah satu produk QNAP yang memenuhi kebutuhan multimedia dan mudah digunakan siapa saja adalah NMP-1000, pemutar media jejaring (network media player) dengan skalabilitas penyimpanan yang bisa ditentukan sendiri.

Sebagai multimedia streamer, NMP-1000 dirancang menghadirkan video, musik, dan foto digital yang langsung dinikmati begitu terhubung ke perangkat teve. Yang menarik, hampir semua format video digital, termasuk mkv untuk tayangan video dalam definisi tinggi HD maupun Bluray, mampu diputar oleh produk QNAP ini.

Menggunakan prosesor Sigma Designs SMP 8635 yang lazim digunakan pada beberapa perangkat set-top teve berbasis protokol IP (internet protocol), NMP-1000 mengonsumsi listrik rendah 14 watt pada saat digunakan. Produk ini mampu memuat sebuah hard disk SATA ukuran 3,5 inci dengan kapasitas maksimum 2 TB.

Dilengkapi rongga gigabit Ethernet, dua buah rongga USB, sebuah rongga eSATA untuk penambahan hard disk eksternal, serta beberapa pilihan koneksi audio-video, seperti HDMI 1.3, component, composite, maupun S-Video, memudahkan penggunanya untuk menghubungi NMP-1000 ini dengan perangkat lainnya. Juga tersedia kendali jarak jauh, untuk melakukan pilihan tayangan yang ingin didengarkan atau ditonton.

Akses YouTube

Fitur lain produk QNAP NMP-1000 ini adalah aplikasi yang tertanam bisa mengakses situs-situs web ternama, seperti menyaksikan video di YouTube, cuplikan film layar lebar terbaru di Apple Movie, atau melihat foto-foto digital yang tersimpan di Flickr. Dan tiba-tiba saja semua kebutuhan hiburan digital kita tersedia secara mudah di layar teve definisi tinggi.

Fitur lain yang disediakan NMP-1000 adalah kemampuannya terkoneksi secara nirkabel menggunakan adaptor nirkabel USB dalam standar 802.11 b/g/n. Selain itu, produk ini juga memiliki memungkinkan untuk mengalirkan ribuan siaran radio internet yang terhubung ke sistem Hi-Fi mendengarkan beragam alunan musik digital dengan kualitas yang memuaskan.

Mereka yang senang dengan teknologi peer-to-peer bisa memilih fitur aplikasi BitTorrent yang memungkinkan untuk men-download berbagai ragam pilihan audio-video digital yang berbagi di jejaring internet. Sehingga, ketika tiba di rumah, pilihan audio-video yang ingin disaksikan atau didengar langsung tersedia di dalam NMP-1000 ini.

Produk QNAP NMP-1000 adalah jalan terbentuknya sinema digital di rumah, menyaksikan tayangan video definisi tinggi. Dan produk ini penting bagi tergelarnya konvergensi multimedia sebagai kesatuan yang sulit dipisahkan. (RLP)

Sumber: Kompas.com

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Terbentuknya Sinema Rumah Multimedia Digital at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: