Jutaan Komputer di Dunia Berpotensi Jadi Botnet

26 October 2009 § Leave a comment


WASHINGTON – 10 juta komputer di Amerika dideteksi menyimpan software keamanan jaringan. Software tersebut dikenal berpotensi melemahkan jaringan ketimbang memperkuat.

Dilansir melalui Reuters, Senin (19/10/2009), penjahat cyber dianggap telah mampu memperdaya para pengguna internet untuk mendownload antivirus palsu. Bahkan antivirus tersebut ada yang berbayar, ada juga yang gratis.

“Ketika pengguna internet mengunduh antivirus tersebut maka itu sama saja dengan membiarkan virus berkembang biak di komputer anda dan suatu saat akan mengambil alih semua data yang ada,” ujar Vice President Symantec bidang Security Response Vincent Weafer.

Menurut Weafer, sang pembuat virus akan leluasa untuk mengambil segala informasi penting yang ada dalam komputer pengguna. Bahkan komputer yang terinfeksi tersebut berpotensi menjadi botnet, jaringan komputer yang dibuat sedemikian rupa oleh penjahat cyber untuk menyebarkan email spam berisi virus mematikan secara remote.

Symantec sendiri mengklaim telah menemukan 250 jenis software antiscam yang memiliki nama Antivirus 2010 dan SpywareGuard 2008 yang telah didownload sebanyak 43 juta kali dalam setahun ini, meski ada beberapa yang tidak sukses didownload.

“Dari angka 43 juta tersebut, jumlah pengguna komputer yang berpotensi memiliki virus sebanyak 10 jutaan,” papar Weafer.

Symantec juga menduga, banyak orang yang tertarik mendownload software antivirus itu dikarenakan harga yang ditawarkannya cukup murah, berkisar 1 sen hingga 55 sen per download.

Bahkan, lanjut Weafer, TrafficConverter.biz, situs yang diduga sebagai sarang botnet, pernah mempublikasikan bahwa mereka pernah mendapatkan keuntungan senilai USD332.000 per bulan hanya dengan menjual software antiscam.

http://www.igos.web.id

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Jutaan Komputer di Dunia Berpotensi Jadi Botnet at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: