Situs Gedung Putih akan Beralih ke Open Source

28 October 2009 § Leave a comment

WASHINGTON – Programmer yang mengelola situs gedung putih, berencana beralih ke open source agar kode dalam situs tersebut bisa dilihat, dikembangkan dan digunakan oleh publik.

“Kami kini beralih ke teknologi yang memungkinkan pemerintah mendapatkan lebih dan lebih banyak lagi suara untuk masukan kepada Presiden Barack Obama. Ini adalah seni teknologi dan pemerintah berpartisipasi di dalamnya”, jelas Direktur Media Gedung Putih Macon Phillips, seperti yang dilansir Sydney Morning Herald, Selasa (27/10/2009).

Para pejabat Gedung Putih menggambarkan perubahan tersebut serupa untuk membangun kembali fondasi sebuah bangunan tanpa mengubah jalan atau tingkat penampilannya. Mereka juga mengharapkan dapat membuat situs Gedung Putih lebih aman, dan hal yang sama dapat berlaku untuk situs administrasi lainnya di masa depan.

“Keamanan pada dasarnya dibangun dalam proses pembangunan karena masyarakat terdiri dari orang-orang yang tersebar di seluruh penjuru dunia, dan mereka melihat sumber kode dari awal proses sampai disebarkan”, kata Terri Molini, dari komunitas Open Source Amerika.

Setelah kode tersebut dibuka, mungkin akan tampak kerentananan keamanan. Tapi justru sebaliknya, para ahli di dalam dan di luar pemerintah berpendapat programmer bekerja sama untuk menemukan kesalahan atau kesempatan untuk mengeksploitasi kode web, yang pada akhirnya jauh lebih aman.

“Kami ingin memperbaiki peralatan yang digunakan untuk kedatangan ribuan orang ke WhiteHouse.gov, agar mereka terlibat dengan para pejabat Gedung Putih dan satu sama lain, dalam cara yang bermakna”, tandas Phillips.

http://www.igos.web.id

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Situs Gedung Putih akan Beralih ke Open Source at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: