SNMPTN Dihapus, Ujian Nasional Harus Dibenahi Dulu

12 November 2009 § 1 Comment

JAKARTA, KOMPAS. com — Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri diharapkan bisa dihapus pada tahun 2012 karena seleksi masuk perguruan tinggi negeri diintegrasikan dengan ujian nasional. Namun, sebelum pola ini diterapkan, pelaksanaan ujian nasional harus dibenahi terlebih dahulu

Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh, Jumat (6/11), saat menyampaikan Program 100 Hari Menteri Pendidikan Nasional mengatakan, polemik masalah ujian nasional (UN) ini tak akan pernah selesai. Selalu ada pro dan kontra.

”Daripada membahas perbedaan pandangan, akan jauh lebih baik jika berkonsentrasi pada upaya membuat UN lebih baik dan dapat dipercaya,” ujarnya.

Untuk menjamin hasil UN dapat menjadi bahan penilaian ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN), Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia akan terlibat aktif sejak awal penyusunan soal, pengawasan, hingga evaluasi pelaksanaan UN. Kehadiran PTN pada dasarnya ikut melengkapi dan menyempurnakan proses UN sehingga tidak ada lagi kecurangan-kecurangan. ”Jika hasil UN bisa dipercaya, tidak ada alasan bagi PTN untuk menolak integrasi ini,” kata Nuh.

Tidak langsung

Jika hasil UN dapat dipercaya, kemungkinan besar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan dihapuskan pada tahun 2012. Namun, Ketua Umum SNMPTN 2009 Haris Supratno menegaskan bahwa SNMPTN tidak bisa langsung hilang, tetapi akan dilakukan bertahap.

”Benahi dulu pelaksanaan UN. Harapannya 2010 hasil UN, khususnya SMA, bisa dipercaya. Jika sudah bisa dipercaya, tentu tidak ada alasan untuk menunggu sampai tahun 2012. Lebih cepat lebih baik,” kata Haris, yang juga rektor Universitas Negeri Surabaya itu.

Wacana integrasi sistem pendidikan ini sudah disosialisasikan sejak 2008 dan kalangan rektor PTN telah sepakat melaksanakan ”bebas SNMPTN 2012”. Untuk mencapai target itu, rektor PTN di seluruh Indonesia akan mengawasi titik-titik rawan kecurangan, seperti pencetakan hingga distribusi soal. Selain itu, para rektor pun akan membantu guru membuat soal-soal UN. (LUK)

 

Tagged: ,

§ One Response to SNMPTN Dihapus, Ujian Nasional Harus Dibenahi Dulu

  • bayu says:

    what!! Ujian nasional dhapuss!! Panen bgt niy buat guru2..klo mo lulus tinggal bayar..jgn pake alasan siswa stress gara2 ga lulus UN, klo emang siswany pinter, teliti n sabar ngerjain soal pasti lulusny..klo soal ujian yg buat guru2ny, udah pasti soalny ketebak, dan pasti si guru ga mungkin bikin soal yg susah2, karna klo banyak siswany yg ga lulus, reputasi sekolahny yg dpertaruhkan..
    bukan gue meremehkan guru, tp fakta dilapangan begitu, memang banyak kok guru yg ga pernah mau dsogok, tp mana ada orang tua murid yg rela ngeliat anakny ga lulus?? segala cara pasti akan ditempuh, tul ga? menurut gue ini cuma mslh EQ dan IQ seorang siswa..contohny seorang mantan siswa yg skrg lg dwawancarai di tvone dia pernah ga lulus gara2 UN trus dia mau bunuh diri, kata orang tuany dia selalu dpt nilai bgs klo ujian disekolah, ini artiny secara IQ okelah dia pinter tp knapa dia ga lulus di UN yah? artiny kan ada faktor lain knapa dia bisa ga lulus, dan klo secara EQ dia ga sama skali ga lulus buktiny dia mau bunuh diri, ga masuk akal bgt khan..
    dan katany si mantan siswa yg stress ini, namany si indah, Cuma gara2 nilai matematikany 4 dan yg lainny 8, dia ga lulus, tp dia berdalih knapa tdk mempertimbangkan nilai2 yg lainny, what!! Lah wong syarat kelulusan itu adalah dr ketiga materi yg di ujiankan harus di atas nilai standar, ini sama skali ga masuk akal..skali lagi EQ siswa generasi sekarang harus diperbaiki jgn hanya IQ..klo di lingkungan kerja, orang yg kayak gini ga bakal dterima kerja, karna perusahaan pasti mengeluarkan persyaratan yg lebih ketat dr persyaratan UN, tul ga?
    ada lagi nih yg bilang, lebih baik UN dihapus dengan alasan kasian sama anak2 sekolah yg udah blajar mati2an selama 3 tahun tp nasib kelulusanny ditentukan oleh UN yg materi ujianny cuma 3 dan waktu ujianny cuma 2jam..
    Lah emang itu tujuan dr sekolah..
    Didunia balapan aja, cuma beda 1 milisecon aja bisa kalah..
    Skali lagi EQ setiap manusia harus di didik dengan baik..

    yg perlu diperbaiki adalah tingkat kesulitan materi ujian di setiap daerah harus dirancang sesuai penyerapan teori masing2 siswa di setiap daerah, karna kita sadari bahwa pendidikan di negara kita belum merata, tul ga?
    tapi ada saran lain nih dari gue, sertifikat Ujian Nasional Negara dijadikan standar aja untuk setiap siswa yg angkatan sekarang yg ingin masuk ke universitas negeri atau swasta atau yg ingin kuliah di luar negeri dan yg ingin masuk diperusahaan dengan gaji standar yg tinggi..

    jd pemerintah harus ada kerja sama dengan universitas dan perusahaan untuk membuat sebuah peraturan baru mengenai standar sertifikasi ini untuk di jadikan standar persyaratan bagi universitas dan perusahaan..

    dan klo di analisa, siswa yg ga lulus itu kebanyakan dari daerah kok..
    dan guru2 jgn merasa tersinggung klo dalam ujian nasional ini si guru2 tidak dilibatkan..

    “jangan selalu mengatakan negara kita adalah negara berkembang, karna kata2 itu membentuk karakter warganya untuk berbudaya malas!!!” MASA MAU BERKEMBANG TERUS, KAPAN MAJUNYAAAA…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading SNMPTN Dihapus, Ujian Nasional Harus Dibenahi Dulu at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: