Linux vs Windows, Siapakah Pemenangnya ?

15 November 2009 § Leave a comment


 

Linux vs Windows

Beberapa bulan yang lalu Microsof resmi meluncurkan produk Operating System (OS) terbaru mereka, Windows 7. OS ini diklaim lebih baik dari produk pendahulunya, Windows Vista. Bagi teman-teman mungkin sudah banyak yang mengetahui atau bahkan telah mencoba OS terbaru milik Bill Gates tersebut meski bukan original alias bajakan :-D .

Kemunculan produk terbaru milik orang terkaya di dunia tersebut diiringi dengan munculnya OS-OS baru yang free dan bahkan fitur-fiturnya tidak kalah dengan produk berbayar (propietary), yaitu linux. Sistem Operasi sumber terbuka yang rilis pasca munculnya produk milik Bill Gates ini seolah menjadi tamparan bagi Microsoft, yang mana saat ini mereka sedang gencar-gencarnya mempromosikan produk terbaru mereka. Beberapa linux yang rilis dalam waktu dekat ini antara lain adalah Ubuntu yang rilis kemarin (29/10), dan kurang dari dua minggu lagi openSUSE, serta produk-produk open source yang lain.

Secara resmi Ubuntu 9.10 yang diberi nama Karmic Koala hari ini dirilis, sesuai jadwal rilis setiap 6 bulan sekali. Menurut Jane Silbar, Canonical Chief Operating Officer, sebuah perusahaan yang mengembangkan Ubuntu, seperti dikutip dari Kompas.com, ia berkata bahwa Ubuntu memberikan lebih banyak alasan bagi pengguna yang akan menggunakan Linux sebagai pilihan sistem operasi. Mereka menyediakan platform untuk user yang menginginkan sebuah sistem operasi yang mudah digunakan, layar besar, dan sesuai untuk web.

Kurang dari dua minggu lagi, tepatnya tanggal 12 November 2009, openSUSE 11.2 juga akan diluncurkan. openSUSE 11.2 akan datang dengan versi kernel terbaru dari Linux, yaitu kernel 2.6.31, dan sistem file openSUSE akan dialihkan ke Ext4, yang lebih baik. Keterangan selanjutnya bisa dibaca di http://en.opensuse.org/OpenSUSE_11.2.

Selamat kepada para pengguna Ubuntu dan komunitasnya dengan rilis terbaru, serta selamat menunggu produk terbaru openSUSE 11.2 yang akan diluncurkan tanggal 12 November nanti. Mampukah produk open source ini menandingi produk propietary ? Kita lihat saja aksinya :-)

sumber: planet.opensuse.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Linux vs Windows, Siapakah Pemenangnya ? at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: