Kabel Bawah Laut Sambungkan Afrika dan Eropa

11 June 2010 § Leave a comment

Kabel bawah laut itu akan menghantarkan data hingga sebesar 5,12 terabit per detik.

Sebuah konsorsium yang terdiri atas 20 perusahaan telah sepakat untuk membangun kabel bawah laut. Rencananya, kabel tersebut akan menghubungkan Cape Town di Afrika Selatan dengan Penmarch di Prancis.

Kabel fiber optik sepanjang 17 ribu kilometer tersebut dinamakan kabel bawah lauh Africa Coast to Europe (ACE). Kabel yang akan dioperasikan pada paruh pertama 2012 dan menghubungkan 23 negara, baik di kawasan pesisir ataupun daratan Afrika.

Menurut France Telecom, salah satu perusahaan yang tergabung dalam konsorsium tersebut, pembangunan kabel ACE akan memakan biaya sekitar US$ 700 juta.

Saat beroperasi, kabel itu akan menghadirkan koneksi internet via kabel optik untuk pertama kalinya bagi negara-negara seperti Mauritania, Gambia, Guinea, dan Sierra Leone serta Liberia.

“Saat ini, negara-negara tersebut harus mengandalkan satelit untuk akses internet,” kata juru bicara Alcatel-Lucent yang juga terlibat dalam pembangunan ACE, seperti dikutip dari PCWorld, Rabu 9 Juni 2010.

Kabel itu akan menggunakan teknologi Dense Wavelength-Division Multiplexing (DWDM) yang akan mengirimkan data lewat beberapa channel pada satu kabel menggunakan sinar dengan panjang gelombang yang berbeda.

Alcatel-Lucent menyebutkan, dengan teknologi yang ada saat ini, ACE akan mampu menghantarkan data hingga sebesar 5,12 terabit per detik lewat dua pasang kabel optik.

Sebagai informasi, pembangunan kabel bawah laut ini pertama kali diumumkan pada Desember 2008. Namun, setelah itu proyek pengembangan ACE terus mengalami penundaan. Sebelumnya, proyek tersebut hanya akan memasang kabel sepanjang 12 ribu kilometer dan selesai pada 2011.

Sumber : VIVAnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kabel Bawah Laut Sambungkan Afrika dan Eropa at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: