Yahoo Akan Perkenalkan Koprol Secara Global

11 June 2010 § Leave a comment

“Koprol adalah kombinasi dari Yelp dan Foursquare.”

VIVAnews – Setelah diakuisisi oleh Yahoo, kemungkinan besar Koprol.com akan diperkenalkan ke beberapa negara selain Indonesia.

Hal itu ditegaskan oleh Chief Technology Officer Yahoo yang baru, Raymie Stata, kepada Venture Beat di sela-sela acara Techcrunch Disrupt Conference, pekan lalu. “Koprol adalah kombinasi dari Yelp dan Foursquare,” kata Stata, dikutip dari situs Venture Beat, 4 Juni 2010.

Dalam kesempatan itu, Stata juga menjelaskan, Koprol kemungkinan tak hanya akan diperuntukkan bagi pengguna asal Indonesia saja, melainkan juga akan diperkenalkan ke negara-negara lainnya, yang masih belum banyak memiliki layanan sejenis.

Hal itu juga dibenarkan oleh Country Editor Yahoo Indonesia Budi Putra. Menurut Budi, Koprol memang akan diperkenalkan secara global ke beberapa negara selain Indonesia.

“Seperti halnya Yahoo Mim [Yahoo Meme], yang berasal dari Brazil tapi juga diperkenalkan ke negara-negara lain termasuk Indonesia,” kata Budi kepada VIVAnews melalui sambungan telepon.

Namun, menurut Budi, Yahoo belum menetapkan secara pasti, di negara-negara mana saja Koprol akan ‘dijual’. “Sambil mengembangkan Koprol di Indonesia terlebih dahulu, kami akan melihat pasar mana saja yang akan cocok.”

Koprol.com adalah layanan aplikasi yang memungkinkan pengguna ponsel untuk mengetahui anggota-anggota Koprol lain yang sedang berada di lokasi di sekitarnya, berbagi foto, berdiskusi, meresensi tempat-tempat, atau melakukan check-in di lokasi tertentu.

Koprol awalnya merupakan proyek iseng yang dijalankan oleh tiga Satya Witoelar, Fajar Budiprasetyo, dan Daniel Armanto. Tapi belakangan, proyek iseng tadi berkembang menjadi layanan yang cukup populer di Indonesia, dan akhirnya Koprol diakuisisi oleh Yahoo dengan nilai akuisisi yang dirahasiakan.

Menurut Stata, akuisisi Koprol.com pekan lalu, memang cocok dengan fokus Yahoo untuk mendorong kustomisasi bagi para penggunanya. Namun, Stata menampik bahwa akuisisi Koprol merupakan substitusi dari rencana akuisisi Yahoo terhadap Foursquare yang belum terlaksana.

Pada  April 2010, Yahoo memang sempat ‘menawar’ layanan berbasis lokasi asal New York, Foursquare, dengan tawaran akuisisi senilai US$100 juta atau sekitar Rp 900 miliar. Namun hingga kini akuisisi tidak terjadi.

Sementara, akuisisi terhadap Koprol juga terwujud setelah rencana Yahoo mengakuisisi situs berita Kapanlagi.com, tidak terlaksana. Koprol menjadi situs web pertama di Indonesia yang diakuisisi oleh Yahoo. (mt)

sumber: VIVAnews

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Yahoo Akan Perkenalkan Koprol Secara Global at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: