Timnas Denmark Gunakan “Bahasa Tubuh” Hadapi Vuvuzela

15 June 2010 § Leave a comment

Piala ” World Cup”

Johannesburg,

Penjaga gawang Denmark Thomas Sorensen Senin menyarankan anggota timnya menggunakan bahasa tubuh termasuk kontak mata, untuk mengatasi hiruk-pikuk suara trompet vuvuzela dalam laga Piala Dunia.

Para penonton babak final Piala Dunia di Afrika SelAtan menggunakan vuvuzela, semacam trompet yang terbuat dari plastik yang bunyinya bising menggema di dalam stadion. Para pemain menentang vuvuzela, yang suaranya dianggap paling bising dalam pertandingan sepak bola.

Masalah besar juga dialami penjaga gawang, yang seharusnya berteriak memberikan pengarahan kepada pemain bawah, khususnya ketika mereka membuka celah kepada lawannya.

“Masalahnya, kami tidak dapat berkomunikasi. Kita harus menggunakan kontak mata,” kata Sorensen kepada wartawan setelah kekalahan Denmark 0-2 atas Belanda pada laga Grup E, Senin (14/6).

“Apa pun yang saya teriakkan kepada pemain bertahan, tidak akan didengar mereka. Padahal kita harus tetap berkomunikasi, harus memberi tahu posisi teman dan memberi pengarahan kepada mereka,” katanya.

Sorensen mengatakan, kerja tim harus menerapkan strategi penjagaan lawan dan pemain harus berbaris sejajar bila terjadi tendangan bebas dan itu harus diatur juga lewat teriakan dari arah belakang mereka.

Penjaga gawang Denmark itu tidak asing dengan suasana hiruk-pikuk penonton karena ia bermain dalam kompetisi Liga Utama Inggris bersama Stoke City. “Bila bermain di Inggris saya terbiasa dengan suara seperti bernyanyi, tetapi di sini suara trompet itu amat bising, jadi saya tetap memilih suara orang bernyanyi,” katanya (Ant).

(tvOne)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Timnas Denmark Gunakan “Bahasa Tubuh” Hadapi Vuvuzela at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: