Tol Semarang-Solo Terancam Molor

15 June 2010 § Leave a comment

Pengerjaan jembatan setinggi 50 meter sebagai rangkaian pembangunan seksi I ruas jalan tol Semarang-Ungaran paket Gedawang-Penggaron dilakukan di Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang, Selasa (13/4/2010). Pengerjaan ruas jalan tol itu terkendala cuaca sehingga tanah ambles dan mengganggu proses pengerasan. Jalan tol Semarang-Ungaran akan diuji coba pada Juli dan akan beroperasi pada Agustus 2010.
SEMARANG, – Pembangunan Jalan Tol Semarang-Solo rute Kota Semarang hingga Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, terancam tidak selesai sesuai target, karena adanya permintaan perpanjangan waktu pengerjaan oleh kontraktor.

Pimpinan proyek Jalan Tol Semarang-Solo Ari Nugroho, di Semarang, Senin, mengatakan, pihak kontraktor meminta perpanjangan waktu pengerjaan sekitar lima bulan, terhitung sejak Juni 2010.

Akibat pemintaan perpanjangan waktu pengerjaan ini, kata dia, jalan tol sepanjang 14 kilometer yang ditargetkan selesai pada Juli 2010 diperkirakan baru akan selesai pada akhir 2010.

Ia menjelaskan, dari tiga paket pengerjaan tol rute pertama ini, penyelesaian paling lambat terjadi pada penggalan ketiga proyek, akibat kendala pembebasan lahan. “Pada paket pekerjaan ketiga, kemajuan pengerjaannya baru mencapai sekitar 24 persen,” katanya.

Proses pembebasan dan pembayaran ganti rugi lahan, lanjut dia, sesungguhnya telah terselesaikan melalui proses konsinyasi. Meski demikian, kata dia, proses pengerjaan penggalan rute ini tetap terkendala mengingat masih ada bangunan milik penduduk yang belum dibongkar.

Menurut dia, terdapat warga yang meminta perpanjangan waktu sekitar 30 hari untuk pengosongan rumah.

Masalah lain yang mempengaruhi target penyelesaian proyek ini, kata dia, yakni musim hujan yang masih terjadi hingga saat ini. “Saat hujan turun tidak mungkin dipaksakan penyelesaian pekerjaan,” katanya. Untuk itu, kata dia, pihak kontraktor masih mengkaji kemungkinan berbagai upaya untuk mempercepat penyelesaian proyek ini. (ANT)

KOMPAS.com

Tagged: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tol Semarang-Solo Terancam Molor at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: