Pelepah-Pembuat Jadwal Pelajaran Sekolah Online UGM Raih Medali Perak

12 November 2010 § Leave a comment

Image : Corbis.com

YOGYAKARTA – Tiga tim dari Universitas Gadjah Mada (UGM), yaitu Tim NeverEndingWhy (Ilmu Komputer), Tim Pertamax (Ilmu Komputer) dan  Tim Autis (Teknik Elektro) berhasil meraih medali perak dan perunggu pada Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang TIK (Gemastik) III 2010. Acara tersebut digelar di ITS Surabaya, 5-8 Oktober 2010 lalu.

Untuk kategori Pengembangan Aplikasi Tim NeverEndingWhy berhasil meraih medali perak dengan aplikasi berjudul Quick Porn Scanner, Tim Pertamax, untuk kateori yang sama, berhasil mendapatkan perunggu   dengan judul Pelepah–Pembuat Jadwal Pelajaran Sekolah Online, dan medali perunggu juga diraih untuk kategori Desain Web diraih oleh Tim Autis yang merancang website Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro UGM.

Menurut salah satu anggota tim Pertamax, Gatot Fajar, mereka beranggotakan tiga mahasiswa ilmu komputer UGM angkatan 2008, yaitu Poerwiyanto, FIrdaus Ismail Sholeh dan R. Gathot Fajar, dengan dosen pembimbing I Gede Mujiyatna, S.Kom., M.Kom.

Gatot memaparkan, tema awal dari kategori pengembangan aplikasi ini adalah manajemen pendidikan, namun karena sedikitnya peserta yang mendaftar tema tersebut dihapus. Meskipun demikian tim Pertamax tetap pada ide awal untuk mengembangkan aplikasi manajemen pendidikan.

“Aplikasi yang dikembangkan berupa aplikasi penyusun jadwal pelajaran sekolah. Aplikasi tersebut kita beri nama ‘Pelepah-Pembuat Jadwal Pelajaran Sekolah Online’,” kata Gatot, Rabu (10/11/2010).

Tahap awal pengembangan aplikasi ini ujar Gatot dimulai dengan melakukan survei untuk mengumpulkan fakta dan data tentang metode penyusunan jadwal dari beberapa SMA di Yogyakarta. Dari survei tersebut diketahui bahwa penyusunan jadwal di beberapa SMA tersebut masih menggunakan metode “trial and error” atau coba-coba.

Cara tersebut memakan waktu tiga hari sampai satu bulan, dan membutuhkan beberapa tenaga administrasi. Jadwal yang dihasilkan dari cara tersebut terkadang masih memiliki bentrokan sehingga perlu dilakukan pertukaran jadwal.

“Berdasarkan latar belakang tersebut, kami merancang sebuah aplikasi yang dapat menyusun jadwal dari data yang ada dengan waktu yang relatif singkat serta bebas dari bentrokan jadwal,” ujarnya.

Aplikasi dari tim Pertamax dibangun dengan menerapkan “algoritma genetika” yang dari beberapa percobaan dan referensi terbukti handal untuk masalah penjadwalan. Aplikasi ini dibangun berbasiskan web, sehingga semua sekolah di Indonesia dapat mengaksesnya dengan mudah tanpa perlu mendownload dan menginstal, cukup mendaftar pada web tersebut, selanjutnya dapat menggunakan aplikasi dengan gratis.

Total waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi ini sekitar tiga bulan. Untuk menggunakan aplikasi ini pengguna hanya perlu memasukkan data-data pelajaran, guru dan kelas serta beberapa kebijakan yang berlaku di sekolah tersebut. Setelah data terisi lengkap pengguna tinggal mengklik tombol buat jadwal dan sistem akan menyusun jadwal dari data tersebut.

“Dari hasil ujicoba, aplikasi ini dapat menyusun jadwal kurang dari 1 menit, dan bebas bentrokan. Ujicoba dilakukan dengan data dari sebuah SMA yang memiliki sembilan kelas di setiap tingkat,” imbuh Gatot.

Dalam kesempatan itu Gatot juga menjelaskan bahwa kompetisi Gemastik ini terdiri dari tiga tahap, yaitu penyisihan, final dan gran final. Babak penyisihan diikuti oleh 238 tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Babak ini dilaksanakan secara online selama April sampai Juli 2010 dengan mengirimkan proposal dan prototype aplikasi.

Dari babak penyisihan diambil 20 peserta terbaik untuk maju ke babak final. Babak final dilaksanakan secara onsite dengan melakukan presentasi dan demo program. Dari babak final diambil 6 tim untuk melakukan presentasi di babak grand final yang akan menentukan juara 1, 2 dan 3.(rhs)

sumber: Okezone.com

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Pelepah-Pembuat Jadwal Pelajaran Sekolah Online UGM Raih Medali Perak at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: