Stasiun Luar Angkasa Lintasi Matahari

7 January 2011 § Leave a comment

STASIUN RUANG ANGKASA INTERNASIONAL
Stasiun Luar Angkasa Lintasi Matahari

Thierry Legault

Stasiun ruang angkasa internasional terlihat di permukaan Matahari saat terjadi gerhana.

Gerhana Matahari dianggap peristiwa unik yang selalu menarik para pengamat angkasa untuk menyaksikannya. Namun, dalam gerhana Matahari 4 Januari 2011 lalu, ada yang membuat peristiwa itu makin spektakuler karena Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) terlihat melewati muka Matahari dalam peristiwa tersebut. ISS melintas beriringan dengan Bulan yang berada di depan Matahari, menutupi sebagian mukanya hingga terjadi gerhana Matahari parsial.

Momen langka tersebut berhasil diabadikan oleh seorang fotografer astronomi bernama Thierry Legault. Untuk mengabadikannya, ia sengaja membuat perhitungan dahulu guna menentukan tempat. Akhirnya, tempat yang ditentukan adalah Muscat, ibu kota Oman, satu-satunya tempat untuk bisa memotret bulan dan ISS saat gerhana.

Legault mengungkapkan, proses pengambilan foto sangat rumit sebab ISS tampak melintasi Matahari hanya dalam waktu kurang dari sedetik. Tapi, akhirnya pada jepretan yang dilakukan saat seperlimaribu detik sejak ISS tampak melewati Matahari, Legault berhasil mengabadikannya.

Legault menggunakan kamera dan teleskop untuk mengabadikan momen langka itu. Dalam hasil jepretannya, tampak sebagian Matahari tertutupi benda berwarna hitam yang merujuk pada bulan. Sementara, dalam gambarnya Stasiun Luar Angkasa Internasional tampak seperti titik kecil di muka Matahari.

Di Muscat, gerhana Matahari sebagian bisa disaksikan selama 2 jam, pukul 11.30-13.30 waktu setempat. Sementara kota yang mengalami gerhana terbesar adalah Skelleftea di Swedia. Sebesar 90 persen muka Matahari tertutupi Bulan. Sayang sekali Indonesia tidak bisa melihat momen gerhana ini.

sumber KOMPAS.com — | dailymail.co.uk



 

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Stasiun Luar Angkasa Lintasi Matahari at ARASKA.

meta

%d bloggers like this: