SEJARAH

Asal usul Majalah pertama SMK Negeri 2 Bangkalan ini sangat unik kalau diceritakan, kamu pasti mau dengar gimana sih awal mula Araska itu??, begini ceritanya,…

Waktu itu sekitar akhir Februari 2008 saya jadi salah satu panitia lomba futsal antar SMP se-Kab. Bangkalan yang diadakan oleh sekolah kita dalam rangka HUT SMK Negeri 2 Bangkalan yang bertajuk “Gebyar se-Windu SMK Negeri 2 Bangkalan” oleh Bapak Azis Muslimin, saat itu saya disuruh men-design sebuah brosur lomba futsal itu untuk dibagikan ke sekolah – sekolah peserta lomba.

nah..! hasil design saya itu dilihat oleh Bapak Sujadi, “siapa yang buat ini”, tanya beliau kepada para panitia yang sedang sibuk mempersiapkan perlengkapan lomba, “Mas Wahyu pak..!” jawab panitia serentak..!, lantas pak Sujadi mengajak saya untuk minta dibuatin cover modul awalnya, saya-pun mengerjakannya..

Keesokan harinya, disela -sela kesibukan saya mempersiapkan lomba yang akan segera dimulai itu, Pak Sujadi tanya “Yu..!, gimana kalau sekolah kita buat majalah, masa’ sekolah sebesar ini tidak punya majalah, sementara kamu jadi pimpinan redaksinya”, “betul pak..!, keinginan ini sebenarnya sudah ada di benak saya sejak kelas 1, SMP saya aja punya, masa’ STM tidak punya..?” jawab saya, akhirnya Pak Sujadi meminta untuk awal Araska dibuat 32 halaman saja, beliau juga menyerahkan semuanya pada saya, mulai dari peliputan sampai mencari nama untuk majalah itu.

Di rumah saya sudah memikirkan nama untuk majalah itu, kalimat kuncinya adalah Karya SMK Negeri 2 Bangkalan, dengan kata kunci itu setelah diotak-atik akhirnya ketemu ARASKA yang merupakan kependekan dari kalimat kunci tadi.

Waktu terus berjalan, Majalah sudah ada namanya..! sekarang gimana merancang isinya..! saya mengambil sample dari beberapa majalah yang saya baca, kemudian saya terapkan di Araska.

mulai dari peliputan sampai editor pada awalnya saya yang bekerja sendiri, saya telah mencoba mengajak temen tapi kebanyakan dari mereka tidak mau karena mereka sibuk dan mereka tidak tahu apa itu Araska dan saya belum punya teman yang sekiranya bisa melakukan hal itu. sampai kemudian ketika Araska sudah sampai 32 halaman dan siap dicetak, saya menyerahkan ke Bapak Sujadi, beliau sangat senang dengan hasil yang saya buat, dan beliau mengajukan Majalah tersebut ke Kepala Sekolah yang waktu itu masih Bapak Rochmanu Fauzi,

awalnya ada kepastian bahwa Araska akan dicetak secepatnya, padahal rencananya bulab mei sudaj cetak tetapi sampai saya mau lulus, Araska belum ada kabar bahwa akan dicetak karena terkendala dana. Tiga bulan berlalu sejak pengajuan itu, dan kepala sekolah kita berganti dari Pak Rochmnanu ke Bapak Abdus Syukur, kita kembali mengajukan majalah itu, dan Alhamdulillah kita juga dapat kepastian Araska akan dicetak, tapi beliau meminta untuk menambah halaman sampai 40 halaman.

Kepastian itu sudah ada, pak sujadi-pun mengabarkan hal itu kepada saya, beliau meminta untuk segera diadakan “Regenerasi” untuk pengganti saya, yang waktu itu saya sudah mau lulus, awalnya saya memilih 3 orang temen dari jurusan KJ (Komputer Jaringan) untuk membantu saya yaitu triple I (Irfan, Iroel, dan Itsnain) dengan bantuan 3 orang temen tersebut 40 halaman terpenuhi hanya dalam waktu seminggu, kemudian saya menambah Redaksi sampai terbentuk Redaksi Araska sekarang.

Redaksi sudah ada, Dana sudah tersedia, dan Araska benar – benar dicetak…!

yang awalnya saya kerja sendirian sekarang sudah banyak temennya, dan warga SMK Negeri 2 Bangkalan menyambut Araska dengan gembira, mereka semua senang dengan terbitnya majalah kita yang pertama, meski masih banyak sekali kekurangannya, tapi Araska sudah ada…!

Semoga ini bukan edisi perdana sekaligus edisi terakhir,, he…he…he…

Amin..!

§ 8 Responses to SEJARAH

  • trims’WAHYU pimp Redaktur:(sEJARAHMU jadikan Kebangkitan)
    Q yakin nich awal dari kebangkitan dari SMK tuk dijadikan skol yang berQualitas,,,,

    -TDAK DIPANDANG SEBELAH MATA”krena kita akan selalu ada Untuk ARASKA…
    (spirit araska)

  • roemly says:

    gabungan coy….. keren2 salut…

  • aditya says:

    yoiiii…..bleh juga perjuangan kamu….yuu…
    ingt yu…jaln ne masih panjang ne awal dari segala-galanyak ey

  • bagus says:

    wuih….ternyata seru juga yah mas sejarahnya……hmm……aku juga mersa bangga ketika pertama kali membaca n meyimak mjlah araska saat klas X…..aku bangga jadi siswa smkn 2 bangkalan…..itu yg membuatku termotivasi untuk jdi pengurus osakada, tp setelah terjun di dalamnya, ternyata osakada X skrng masih blum siap untuk itu…tpi insyaALLAH di jbatan osakada XI saya ingin terjun lg n termotivasi dari kekurangan2 tsb….yah……siapapun pemimpinnya nanti, saya n tmen2 sperjuangan akan kerja optimal agar sekolah kita semakinn berprestasi….AMIN

  • araskanews says:

    @Agus: Araska butuh orang2 seperti kamu gus,, saya tunggu gebrakan dari kamu, ayo terbitkan Araska yang ke-2,, jangan hanya terbit pertama sekaligus terakhir…

  • dianazdkrb says:

    walaupun aq bkan siswa smkn 02 bangkalan semoga saya dapat mengenyam pendidikan disana meski tidak satu minggu full….. n pa disitu ada kelas x11 yang menjadi ketua osis sekarang nich namanya harun ar rosyid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: